Cara Menutup Paksa Aplikasi di Mac OS

Mukharom.com Sudah beberapa tahun terakhir ini saya menggunakan Mac OS sebagai sistem operasi dan merasa nyaman dibuatnya. Sistemnya sangat memanjakan penggunanya, mulai dari tampilannya yang cantik, kemudahan penggunaan, serta kestabilan sistemnya. Bisa dibilang Mac OS ini cukup kebal dari serangan virus dan malware, berbeda dengan Windows yang cukup manja dan rentan terhadap hal tersebut.

Namun dibalik kestabilan tersebut, ternyata tidaklah sepenuhnya sempurna. Kadang faktor aplikasi yang digunakan dapat membuat program yang kita jalankan tersebut menjadi hang, bahkan hingga tidak dapat ditutup atau di close secara normal. Akibatnya pointer mouse berubah menjadi pelangi dan terus berputar, tentu hal ini membuat jengkel dan kesal penggunanya. Pekerjaan pun tertunda karena harus menunggu pointer tersebut berputar hingga selesai.

Jangan khawatir, kamu dapat menutup aplikasi yang sedang hang tersebut secara paksa tanpa harus menunggu pointer tersebut berhenti berputar. Bagaimana cara menutup paksa (force quit) aplikasi yang hang dan sedang berjalan di Mac OS tersebut? Berikut tutorial cara menutup paksa aplikasi yang hang di Mac OS (Macbook).

Cara Menutup Paksa “Force Quit” Aplikasi di Mac OS

1. Melalui Menu yang Tersedia di Dock

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk menutup aplikasi tersebut adalah melalui dock Mac OS kamu. Klik kanan pada aplikasi yang ingin kamu tutup paksa, kemudian pilih Quit untuk menutupnya. Cara pertama ini mungkin saja bisa dilakukan jika aplikasi belum tergolong kepada hang yang berlebih. Apabila dengan cara ini belum bisa, kamu bisa mencoba tahap 2.

2. Melalui Menu Apple di Toolbar

Cara kedua untuk menutup paksa (force quit) pada Aplikasi yang sedang kamu buka adalah melalui menu Apple di Toolbar. Klik menu Apple (), kemudian pilih opsi Force Quit Application . Pada contoh kali ini saya akan mencoba untuk menutup paksa aplikasi Terminal yang sedang saya buka.

Kemudian akan muncul window baru berupa list aplikasi yang sedang berjalan di Mac Os saat ini. Pilih aplikasi yang ingin kamu tutup paksa (force quit), kemudian pilih tombol Force Quit.

Kemudian akan muncul pop up untuk mengkonfirmasi aksi yang akan kamu lakukan, hal tersebut untuk memastikan bahwa kamu benar ingin menutup Aplikasi tersebut. Silakan pilih Force Quit lagi untuk menutup paksa aplikasi tersebut.

Selamat! Sampai tahap ini, aplikasi yang sedang hang tersebut sudah dapat ditutup secara paksa dan tidak ada lagi pelangi pada pointer. Untuk dapat menggunakannya kembali, kamu dapat membuka kembali aplikasi tersebut. Jika kamu mengalami hal yang sama lagi, kamu dapat mengulang langkah tersebut agar aplikasi tersebut dapat menutup secara sempurna.

Have a good day!

Fajar Mukharom:
Related Post