Cara Flashing Xiaomi di Macbook / Mac OS

Mukharom.com – Xiaomi merupakan ponsel asal negeri Tiongkok (Cina) yang mulai booming di Ranah tanah air sejak tahun 2016 kemarin. Ponsel xiaomi ini menawarkan harga yang ramah dengan spesifikasi yang mewah, maka dari itu siapa yang tak mau memiliki ponsel murah meriah ūüėÄ . Jika dibandingkan dengan brand lain yang sudah terkenal, Xiaomi jauh lebih unggul dalam hal spesifikasi dengan range harga yang serupa. Maka dari itu banyak sekali yang mendambakan ponsel Xiaomi sebagai daily driver atau penggunaan sehari-hari, termasuk saya.

Selain dari harganya yang murah dengan spesifikasi yang mewah, Xiaomi juga hadir dengan besarnya Komunitas yang disebut Mi Fans. Sayangnya, ponsel Xiaomi yang beredar di Indonesia kebanyakan berGaransi Non Resmi yakni garansi Distributor. Maka dari itu, ROM atau software yang dibawanya biasanya sudah di mod menjadi ROM Distributor yang biasa sering disebut ROM Abal-abal. Kekurangan ROM tersebut yakni biasanya disisipi bloatware (aplikasi sampah yang tidak bisa di hapus) dan tidak mendapat update OS atau ROM.

Jika anda mendapatkan HP Xiaomi dengan ROM distributor, anda harus melakukan Flashing ke ROM Official terlebih dahulu. Cara Flashing Xiaomi dari ROM Distributor jika menggunakan Windows sangatlah mudah menggunakan MiFlash. Namun jika menggunakan Macbook berbeda lagi, Cara Flashing Xiaomi di Macbook atau Mac OS menggunakan Terminal. Flashing Xiaomi di Mac OS dengan mode Fastboot, jadi jika ponsel Xiaomi anda Lock Bootloader, anda harus UBL (Unlock Bootloader) terlebih dahulu.

Jika melakukan flashing di Windows menggunakan Software MiFlash Tool, sedangkan di Macbook tidak terdapat Software atau aplikasi untuk Flashing. Maka dari itu Flashing di Mac menggunakan Terminal.

Note : Sebelum melakukan flashing, pastikan anda sudah menginstall ADB & Fastboot di Macbook anda. Jika belum silakan baca Cara Install ADB & Fastboot Android pada Mac OS

Cara Flashing Xiaomi di Macbook

Sebelum melakukan flashing, silakan download ROM sesuai tipe Device atau HP Xiaomi anda. Download ROM fastboot dengan format tgz
Download ROM di : http://en.miui.com/a-234.html

Buka terminal pada Mac anda kemudian pergi ke direktori dimana tempat ROM yang sudah di download berada dengan menggunakan perintah cd (change directory). Pastikan ROM yang anda download sesuai dengan tipe devices anda.

 

Kemudian extract rom tersebut dengan menggunakan perintah tar -zxvf nama_file_rom.tgz

 

Kemudian pindah ke directory ROM yang sudah selesai di extract tadi dengan perintah cd nama_folder_rom

 

Selanjutnya matikan perangkat Xiaomi anda dan masuk ke mode fastboot dengan menekan Tombol Power dan Volume Down(-) secara bersamaan. Jika sudah masuk ke mode fastboot, kemudian colok HP Xiaomi anda dengan kabel USB ke Mac anda dan ketikkan perintah fastboot devices di terminal tadi. Pastikan fastboot terbaca pada Mac anda. Tutorial ini hanya untuk perangkat / HP Xiaomi yang tidak terlock atau terkunci bootloadernya, jika masih keadaan lock bootloader silakan Unlock Bootloader terlebih dahulu.

 

Lalu selanjutnya adalah melakukan flashing. Ada 3 pilihan script untuk melakukan flashing ini :

  1. flash_all.sh adalah melakukan flashing dengan menghapus semua (data) baik data sistem pada ROM sebelumnya, maupun data pada storage internal (emmc)
  2. flash_all_except_storage.sh adalah melakukan flashing dengan menghapus data sistem pada ROM sebelumnya, tanpa menghapus data pada storage internal (emmc)
  3. flash_all_except_data_storage.sh adalah melakukan flashing dengan tanpa menghapus data pada sistem ROM sebelumnya maupun data pada storage internal (emmc)

Pada postingan ini, saya memilih flash_all_except_data_storage.sh karena saya ingin mempertahankan data pada penyimpanan ke storage internal dan data sistem.
Ketikkan perintah sh nama_script.sh untuk menjalankan script flashing.

Kemudian proses flashing pun berjalan, tunggu hingga proses selesai dan pastikan pesan yg ditampilkan OKAY

 

Jika sudah selesai flashing, HP anda akan melakukan reboot dan masuk ke homesreen. Tunggu proses booting hingga selesai, biasanya proses awal booting setelah flashing membutuhkan waktu yang agak lama.

Flashing telah selesai, mudah bukan? Sekarang coba nyalakan perangkat anda dan cek ROM yang digunakan.
Have a nice day!

You may also like...

4 Responses

  1. hafid says:

    mohon pencerahan gan,
    sy udah ikutin step by step,. tapi pas masukin perintah “cd fastboot vevices” muncul keterangan command not found. tks sblmnya

    • Hi mas Hafid,
      Ini saat hendak apa mas? Kalau perintah cd itu untuk change directory (berpindah direktori file). Untuk perintah fastboot devices sendiri itu tanpa cd mas, untuk mengecek apakah hpnya sudah terdeteksi di laptop atau belum.

  2. ismai says:

    mas kok untuk masuk fastboot not comand

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *