Membuat Bootable OS Raspberry Pi di Mac OS

Mukharom.com Akhirnya saya mengulik Raspberry Pi kembali setelah beberapa bulan tidak tersentuh. Raspberry Pi kali ini saya gunakan untuk teman ngabuburit dan menemani kebosanan saya di rumah selama masa karantina, yang hanya bekerja, belajar, menulis, dan mengerjakan tugas. Saya melakukan instalasi RetroPie untuk bernostalgia memainkan game jadul di PlayStation 1, menggunakan Raspberry Pi 3 Model B.

Sebelumnya saya menggunakan Apple Pi Baker untuk membuat bootable Sistem Operasi ke SD Card Raspberry Pi. Namun setelah saya update Mac OS versi terakhir (Catalina), software tersebut sudah tidak kompatibel lagi dan juga tidak ada update versi terbaru hingga saat ini. Akhirnya saya menggunakan terminal di Mac OS untuk membuat bootable OS Raspberry Pi. Bagaimana cara dan tahapan membuat Bootable OS di SD Card untuk Raspberry Pi di Mac OS? Berikut tutorial cara Membuat Bootable OS di SD Card untuk Raspberry Pi via Terminal Mac OS.

Membuat Bootable OS SD Card untuk Raspberry Pi via Terminal

Sebelum memulai membuat bootable tersebut, pastikan kamu sudah memiliki persiapan sebagai berikut

  • MicroSD Card untuk penyimpanan Sistem Operasi
  • Sistem Operasi untuk Raspberry Pi (berformat .img)

Untuk MicroSD Card saya menggunakan merk Sandisk dengan class 10 yang memiliki  kapasitas 16GB. Saran saya gunakan microSD Card yang memiliki kecepatan baca tulis yang baik, karena SD Card ini akan digunakan sebagai sistem untuk Raspberry Pi kamu. Sedangkan untuk sistem operasi, silakan gunakan sesuai dengan kebutuhan kamu, pada artikel ini saya menggunakan Sistem Operasi RetroPie. Kamu juga dapat menggunakan sistem operasi lain seperti contohnya RaspBian (linux berbasis debian untuk Raspberry Pi).

Silakan hubungkan MicroSD Card anda ke MacBook menggunakan SD Card Reader atau Micro SD Card adaptor, saya menggunakan Micro SD Card adaptor pada panduan ini. Pastikan MicroSD sudah terhubung dan terdeteksi oleh komputer kamu dengan melihat pada Finder atau DiskUtility. Kemudian buka terminal pada Mac OS kamu dan ketikkan perintah berikut untuk melihat apakah SDCard sudah terkoneksi atau belum.

diskutil list

Berikut hasil dari perintah tersebut yang saya jalankan di terminal Mac OS saya

Bisa dilihat MicroSD Card milik saya termounting pada direktori /dev/disk2 yakni dengan kapasitas 16GB. Silakan sesuaikan dengan hasil yang ditampilkan pada komputer kamu, karena bisa saya SD Card tersebut termounting pada direktori yang berbeda.

Kemudian silakan lakukan format SD Card tersebut agar proses writing image Sistem Operasi dapat berjalan dengan baik. Silakan backup terlebih dahulu jika terdapat file yang dibutuhkan pada SD Card tersebut. Untuk melakukan format SD Card tersebut, silakan ketikkan perintah berikut

sudo diskutil partitionDisk /dev/diskN 1 MBR “Free Space” “%noformat%” 100%

Sesuaikan diskN dengan direktori dimana SD Card kamu termounting ke Mac OS, karena pada Mac saya termounting pada /dev/disk2 maka saya menjalankan dengan perintah berikut

 

Jika proses format sudah berhasil dilakukan, langkah selanjutnya yakni melakukan unmount SD Card tersebut, silakan jalankan perintah berikut

diskutil unmountDisk /dev/diskN

Sesuaikan kembali diskN dengan direktori dimana SD Card kamu termounting ke Mac OS, karena pada Mac saya termounting pada /dev/disk2 maka saya menjalankan dengan perintah berikut

 

Selanjutnya adalah proses writing atau membuat bootable Sistem Operasi ke SD Card dari file image yang dimiliki. Simpan file .img sistem operasi tersebut pada direktori atau path yang mudah ditemukan, jika sudah jalankan perintah berikut.

sudo dd bs=1m if=path_of_your_image.img of=/dev/rdiskN; sync

Silakan sesuaikan pada bagian if=path_of_your.img dengan tempat kamu menyimpan file image tersebut dan juga pada of=/dev/rdiskN dengan direktori mounting SD Card kamu. Pada contoh dibawah saya menyimpannya pada folder Downloads dengan nama retropie-buster-4.6-rpi2_rpi3.img, maka saya menjalankannya dengan perintah berikut.

Mengapa path sd card tersebut berubah dari /dev/disk2 menjadi /dev/rdisk2 ? Hal tersebut untuk mengubah format menjadi rdisk (‘raw disk’). Fungsinya untuk mempercepat proses copy kedalam SD Card, dengan tanpa mengubah kualitas salinan data tersebut. Silakan tunggu proses writing sistem operasi hingga selesai, biasanya membutuhkan waktu beberapa menit.

 

Apabila proses dd tersebut sudah selesai, maka SD Card sudah siap digunakan sebagai bootable dari Sistem Operasi Raspberry Pi. Sebelum mencabut SD Card tersebut dari komputer kamu, silakan lakukan eject terlebih dahulu dengan menggunakn perintah berikut.

sudo diskutil eject /dev/rdiskN

Sesuaikan kembali path /dev/rdiskN dengan mounting SD Card kamu berada, saya menjalankannya dengan perintah berikut hingga muncul pesan bahwa disk tersebut berhasi di eject.

Jika sudah kamu dapat melepaskan SDCard kamu dari komputer dan memasangnya di Raspberry Pi. Pastikan MicroSD Card terpasang degnan baik, kemudian hubungkan dengan monitor dan juga power untuk dapat menggunakannya. Kamu juga dapat menggunakan periperal lain seperti keyboard dan mouse untuk mengoperasikannya.

Bagaimana, mudah bukan membuat bootable Sistem Operasi Raspberry Pi menggunakan terminal Mac OS? Tutorial ini juga dapat digunakan pada sistem operasi Linux, karena perintah dd tersedia juga di linux. Sekarang kamu tidak usah membutuhkan software tambahan untuk membuat bootable OS untuk Raspberry Pi kamu.

Have a good day!

Sumber

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *