Mengatasi “xcrun: error: invalid active developer path” Setelah Upgrade Mac OS Catalina

Mukharom.com Beberapa waktu lalu akhirnya saya memutuskan untuk melakukan Upgrade versi Mac OS saya ke Catalina, setelah laptop saya mengalami stuck saat booting. Akhirnya saya memutuskan untuk sekaligus melakukan upgrade ke Mac OS Catalina, agar juga mendapatkan update security patch terbaru dari Apple. Proses yang dilakukan adalah internet recovery, jadi saya tidak perlu membuat installer Mac OS karena prosesnya hanya download saja melalui internet.

Namun setelah upgrade, tingkat security dan privacy pada Mac OS Catalina sangatlah ketat. Serta terdapat beberapa perubahan baru, seperti terminal yang menggunakan zsh. Setelah beberapa waktu beradaptasi dengan Catalina, akhirnya saya dapat menggunakannya kembali seperti biasa.

Namun ada kendala yang dialami kembali ketika saya menggunakan git di Mac OS saya. Ketika menjalankan perintah git (melakukan git commit), muncul pesan error: xcrun: error: invalid active developer path (/Library/Developer/CommandLineTools), missing xcrun at: /Library/Developer/CommandLineTools/usr/bin/xcrun. Sepertinya terdapat perubahan path atau directory untuk service git di versi Catalina ini, sehingga service git tidak bisa dipanggil dan berjalan. Lalu bagaimana solusi dan cara memperbaiki pesan xcrun error tersebut? Berikut panduan cara memperbaiki pesan xcrun error setelah update Mac OS Catalina.

Panduan Fix xcrun: error: invalid active developer path Mac OS Catalina

Hal yang harus dilakukan untuk mengatasi error tersebut adalah melakukan download paket Command Line Tools. Proses mendownloadnya pun sangat mudah, pastikan saja kamu memiliki koneksi internet yang baik dan silakan buka aplikasi terminal. Silakan ketikkan perintah berikut pada terminal Mac OS kamu

Perintah tersebut akan mendownload package Command Line Tools here, bukan mendownload aplikasi XCode. Ukurannya sekitar 130Mb yang akan diunduh ke MacBook kamu.

Jika proses download sudah selesai, silakan lakukan ujicoba lagi pada Mac kamu. Setelah menginstall paket tersebut, saya pun langsung mencoba mengetikkan perintah git kembali dan hasilnya it’s works! Git dapat kembali saya gunakan di Mac OS saya dan tidak ada pesan error yang muncul lagi. Saya pun dapat melakukan update kembali program yang saya buat dengan git karena sudah dapat berjalan dengan normal.

Setelah Install Command Line Tools masih Error?

Mungkin beberapa pengguna mengalami error yang sama setelah menginstall package xcode atau command line tools tersebut. Jika kamu salah satunya, silakan ketikkan perintah tersebut pada terminal Mac OS kamu

Apabila perintah tersebut sudah dijalankan, silakan ujicoba kembali pada perintah yang sebelumnya error. Setelah direset, seharusnya path atau directory sudah tidak ada error lagi dan dapat digunakan kembali.
Bagimana, mudah bukan mengatasi pesan xcrun: error: invalid active developer path tersebut? Semoga masalah kami dapat terselesaikan dan dapat beraktifitas kembali dengan MacBook kamu ya. Silakan share artikel ini jika dirasa bermanfaat, dan tulis di kolom komentar apabila mengalami kesulitan.

Have a good day!

Sumber: Disini

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *