Penulisan Pernyataan Go To pada Dev C++

Mukharom.com Setiap compiler dari sebuah bahasa pemrogaman memiliki syntaks atau perintah yang berbeda. Walau tidak semuanya berbeda, namun terdapat beberapa perbedaan yang membuat program tidak berjalan ketika di compile di compiler yang berbeda. Salah satunya pada penulisan pernyataan GoTo pada bahasa pemrogaman C++ ini.

Hal ini saya temukan ketika sedang mengerjakan tugas kuliah, dimana pada semester sebelumnya saya menggunakan Aplikasi Borland C++ sebagai compiler. Namun pada semester ini saya menggunakan aplikasi Dev C++ sebagai compiler bahasa C++ tersebut. Akibatnya beberapa program yang saya buat tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya karena ada perbedaan syntaks atau library yang digunakan.

Pada penulisan pernyataan GoTo ini saya mengalami kendala, karena terdapat perbedaan pada Borland C++ dengan Dev C++. Lalu bagaimana penulisan pernyataan Go To yang benar pada apliakasi Dev C++ ? Berikut penjelasan Penulisan Pernyataan GoTo yang benar pada Aplikasi Dev C++.

Penulisan Label Go To

Pembuatan label menu tersebut berfungsi jika ada pengulangan atau untuk memanggil sebuah menu atau bagian pada program. Fungsi utamanya adalah untuk efisiensi coding, sehingga code yang ada tidak berulang dan menumpuk

Penulisan Pemanggilan Label Go To

Dengan menggunakan perintah tersebut maka program akan memanggil dan menampilkan labelMenu, tanpa harus kita melakukan pengetikkan ulang dari code tersebut. Salah satu contoh penggunaannya adalah pada aplikasi yang membutuhkan input berulang. Misalnya: Aplikasi kasir, jika kasir ingin melakukan transaksi lagi maka program akan mereset dari nol kembali dan menginput data lagi. Namun jika kasir ingin memberhentikan transaksi maka aplikasi akan tertutup.

Contoh Program Sederhana menggunakan Fungsi GoTo

Setelah mengetahui format penulisan GoTo pada aplikasi/software Dev C++, maka kita harus mempraktekkannya secara langsung. Adapun untuk praktek tersebut dapat melihat salah satu contoh program sederhana yang memanfaatkan fungsi Go To pada C++

Adapun untuk penjelasan dari program tersebut adalah sebagai berikut

  • Label menu = loncatan:
  • Pemanggilan label = goto loncatan;

Program tersebut berjalan dengan ketentuan jika karakter yang dimasukkan adalah n maka program akan berjalan dengan menampilkan angka 1 sampai 3 tanpa adanya loncatan. Sedangkan jika karakter yang dimasukkan adalah y maka program akan berjalan dan menampilkan angka 1 kemudian ke angka loncatan yakni angka 3 (1 dan 3).

Mengapa begitu? Karena pada program terdapat perintah if, yakni jika inputan loncatnya adalah y maka setelah angka 1 akan langsung dilanjutkan ke angka  yang didefinisi sebagai loncatan yakni angka 3.

Bagaimana, mudah bukan? Semoga membantu anda dalam mengerjakan tugas atau dalam belajar bahasa Pemrogaman C++ menggunakan Dev C++ ini.

Have a good day!

Referensi tulisan : https://www.belajarcpp.com/tutorial/cpp/goto/

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *