Cara Aktifkan Fingerprint Login di Mandiri Online

Mukharom.com Bank Mandiri merupakan salah satu Bank yang saya gunakan untuk melakukan transaksi disetiap bulan, terutama untuk melakukan pembayaran tagihan bulanan. Walau semula sudah terlalu nyaman dengan Mandiri Mobile, para nasabahnya dipaksa untuk berpindah ke Mandiri Online. Disuguhkan dengan tampilan baru dan fitur yang lebih banyak, Mandiri Online jauh lebih baik dibanding dengan Mandiri Mobile. Hanya saja user experience dari aplikasi tersebut tidak senyaman dan secepat Mandiri Mobile (opini saya pribadi).

Namun semakin kesini, Bank Mandiri selalu memperbaiki kesalahan dan kekurangan yang mereka miliki. Salah satunya pada aplikasi Mandiri Online ini, pasalnya aplikasi tersebut mendapat rating yang kurang baik dari pengguna di Playstore maupun AppStore. Saya pun sempat jengkel, saat akan login saja responnya agak lambat sehingga saya beberapa kali salah memasukkan Password yang berujung terhadap pemblokiran akses.

Untungnya saat ini Bank Mandiri sudah menyediakan fitur fingerprint login atau login menggunakan sidik jari di aplikasi Mandiri Online. Dengan begitu kita tidak perlu repot-repot mengetikkan Password saat akan login ke aplikasi tersebut. Kita dapat lebih cepat untuk login dan bertransaksi menggunakan Mandiri Online ini. Tentu ada beberapa hal yang harus dipenuhi untuk menikmati fitur fingerprint login ini pada Aplikasi Mandiri Online. Penasaran apa saja syarat dan cara mengaktifkan login dengan sidik jari di aplikasi Mandiri Online? Berikut ini tutorial cara mengaktifkan fingerprint login pada Aplikasi Mobile Banking Mandiri Online.

Cara Mengaktifkan Fingerprint Login di Mandiri Online

Sebelum melakukan aktivasi login menggunakan sidik jari tersebut, pastikan kamu sudah memenuhi beberapa persyaratan berikut

  • Memiliki Rekening Bank Mandiri (aktif)
  • Sudah mendaftar Mobile Banking
  • Memiliki ponsel dengan fitur Fingerprint (sidik jari)

Jika kamu sudah memenuhi ketiga persyaratan tersebut, kamu dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya untuk mengaktifkan login sidik jari tersebut. Pastikan versi Mandiri Online yang digunakan sudah di-update ke versi terbaru, tandanya dapat terlihat pada halaman login terdapat logo sidik jari (fingerprint)

 

Langkah awal, silakan login ke Aplikasi tersebut dengan menggunakan authentikasi password terlebih dahulu. Silakan masukkan username dan password kemudian klik login. Jika sudah pilih menu pada bagian kiri aplikasi, kemudian pilih menu  Pengaturan untuk memulai aktivasi fitur fingerprint login tersebut.

Jika sudah maka pada bagian bawah akan terlihat opsi Login dengan sidik jari, silakan centang pada kotak menu tersebut untuk mengaktifkan (lihat pada gambar).  Kemudian akan muncul pop up Syarat dan Ketentuan, silakan dibaca dan pilih Setuju untuk melakukan aktifasi pada fitur login menggunakan sidik jari tersebut.

 

Selanjutnya aplikasi Mandiri Online akan memerintahkan kamu untuk melakukan pemindaian sidik jari pada ponsel kamu. Silakan letakkan jari kamu pada fingerprint scanner ponsel kamu, jika sudah masukkan PIN Mobile banking yang sudah kamu atur sebelumnya.

Setelah memasukkan MPIN Mandiri kamu, maka otomatis fitur Login dengan sidik jari tersebut berhasil diaktifkan. Selamat! Sampai tahapan ini kamu dapat melakukan login ke aplikasi Mandiri Online tanpa perlu memasukkan password lagi, cukup dengan menempelkan jari kamu dan otomatis akan login ke akun rekening kamu.

 

Jika kamu penasaran, silakan keluar (log out) dari akun kamu dan coba login kembali ke Mandiri Online tersebut. Secara default akan muncul pop up untuk otentikasi mengguakan sidik jari. Namun jika pop up tersebut tidak muncul, kamu tidak perlu khawatir. Kamu dapat menekan icon sidik jari pada samping kanan tombol login di aplikasi tersebut, kemudian scan sidik jari anda untuk login. Sangat mudah bukan?

Bagaimana, mudah bukan melakukan aktivasi login menggunakan sidik jari pada aplikasi Mandiri Online? Sekarang melakukan transaksi di Mandiri Online lebih mudah dan cepat karena adanya fitur tersebut. Saya pun sangat merasakan perbedaannya dan senang dengan fitur tersebut, bagaimana dengan kamu? Silakan share pendapat kamu atau jika ada kesulitan untuk mengaktifkannya di kolom komentar ya.

Have a good day!

You may also like...

2 Responses

  1. CRIST says:

    nice info nya kaka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *