Cara Ampuh Bersihkan Penyimpanan WhatsApp

Mukharom.com Siapa sih yang tidak tau aplikasi WhatsApp Messenger? Aplikasi ini sudah seperti SMS-nya jaman sekarang, setiap orang statusnya wajib punya untuk melakukan komunikasi. Orang yang tidak memiliki WhatsApp pasti dikategorikan sebagai orang yang ketinggalan jaman, orang tua, atau tidak mengenal teknologi. Aplikasi WhatsApp Messengger sukses mendominasi aplikasi bertukar pesan di dunia, baik untuk pesan text (chat), suara (voice note, voice call), bahkan video (video call). Saya tebak, pasti kamu memiliki aplikasi WhatsApp di smartphone kamu kan? 😀

Namun banyak orang yang mengeluh kepada aplikasi ini karena memakan banyak sekali penyimpanan yang ada pada smartphone. Bagaimana tidak, semua pesan, gambar, suara, bahkan video yang ada disimpan langsung kedalam penyimpanan smartphone kita. Jadi jika kamu sering menggunakan aplikasi ini untuk berkirim pesan maupun gambar atau video, tidak heran jika WhatsApp dapat menggunakan memory penyimpanan hingga bergiga-giga. Itulah yang menyebabkan ponsel kita terkadang ‘lemot’ atau menjadi lambat ketika digunakan.

Lalu jika sudah memakan banyak penyimpanan, bisakah kita membersihkan penyimpanan di WhatsApp tersebut? Saat ini kita dapat melihat penggunaan penyimpanan kita berdasarkan chat yang kita lakukan. Jadi kita dapat melakukan bersih-bersih penyimpanan tanpa rumit harus mencari melalui file manajer. Bagaimana cara ampuh membersihkan penyimpanan Smartphone kita yang digunakan oleh WhatsApp? Berikut Cara Ampuh membersihkan Penyimpanan pada WhatsApp Messenger Android.

Cara Ampuh membersihkan Penyimpanan pada WhatsApp Messenger

Untuk melihat penggunaan penyimpanan yang sudah digunakan oleh WhatsApp, kamu dapat melihatnya langsung melalui aplikasi tersebut. Kamu dapat melihat penggunaannya di menu Settings – Data and storage usage. Di menu tersebut terlihat penggunaan Jaringan dan Penyimpanan yang sudah digunakan oleh aplikasi WhatsApp ini. Di smartphone yang saya gunakan, terlihat sudah terpakai 241.7MB penyimpanannya.

Untuk melihat lebih detail dari penyimpanan yang terpakai, kamu dapat klik pada menu Storage usage tersebut.

 

Pada menu Storage usage, akan tampil chat dan detail dari penggunaan penyimpanan yang paling terbanyak. Bisa dilihat pada aplikasi WhatsApp yang saya miliki, chat dengan penyimpanan terbesar yakni dengan Marisa yaitu sebesar 111.5MB.  Tidak hanya begitu saja, kamu dapat lihat lebih detail apa saja yang membuat chat dengan marisa memakan penyimpanan sebanyak itu yakni dengan mengklik orang tersebut.

Bisa dilihat (pada gambar sebelah kanan), bahwa yang mengakibatkan penyimpanan yang digunakan besar adalah file Dokumen yang mencapai angka 111.1MB.  Memang saya dan marisa sering bertukar file dokumen perkuliahan, jadi wajar pemakaian penyimpanan WhatsApp kami sangat besar oleh file-file dokumen yang saling dikirim. Jika kamu rasa file tersebut sudah tidak terpakai lagi, kamu dapat menghapusnya  dengan memilih DELETE ITEMS. Pastikan kamu sudah mencentang tipe file yang ingin kamu hapus sebelum menghapusnya.

Bagi kamu yang tidak ingin berhubungan lagi dengan sang mantan dan ingin melupakan kenangan bersamanya, pasti kamu melakukan hal ini dengan semangat yang tinggi 😛 . Dengan begitu semua pesan, foto, dokumen, dan apapun yang pernah dikirimkan akan terhapus dalam penyimpanan smartphone kamu. Kamu pun akan lebih meraih persentase yang tinggi untuk move on dan mencari yang baru 😀

Bagaimana, mudah bukan cara menghapus kenangan mantan? Eh maksudnya menghapus dan membersihkan penyimpanan di Aplikasi WhatsApp. Dengan begitu penyimpanan smartphone kamu dapat lebih lega lagi karena file-file yang ada berkurang dari penyimpanan. Selain itu aplikasi WhatsApp kamu juga tidak begitu lemot karena besarnya file pada smartphone.

Silakan share artikel ini ke semua grup yang ada di WhatsApp kamu. Biar gaada lagi yang mengeluh “Duh WhatsApp gw kok lemot banget ya…”.

Have a good day!

You may also like...

1 Response

  1. Indah says:

    Bermanfaat sekali, penyimpanan di HP saya jadi legaaaaaa 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *