Mengubah Warna Tema Icon Sistem di Android 10

Mukharom.com Android merupakan salah satu sistem operasi yang banyak sekali digunakan oleh perangkat Mobile atau smartphone saat ini. Salah satunya saya, yang menggunakan pure android dari Google untuk smartphone yang saya gunakan. Terkenal dengan ringan dan minim dari bloatware, pure Android menjadi pilihan untuk saya gunakan di Smartphone milik saya. Terlebih lagi banyak fitur yang saya suka hadir di Android 10 ini yang lebih membuat saya lebih nyaman lagi menggunakannya.

Saya termasuk orang yang mudah bosan, termasuk dengan tampilan smartphone yang saya gunakan. Saya sering melakukan customisasi seperti mengubah icon aplikasi, warna, bahkan icon sistem. Namun di Android 10 saat ini mengubah warna pada icon cukup mudah karena sudah disediakan menu khusus yang kita dapat ubah sesuka hati.

Lalu bagaimana cara mengubah warna icon sistem pada Android 10 tersebut? Mengubah tema warna icon sistem di Android 10 sangatlah mudah, kita hanya melakukan beberapa perubahan pada Settings atau Pengaturan ponsel kita. Penasaran bagaimana caranya? Berikut Tutorial Cara mengubah Tema Warna Icon Sistem di Android 10.

Tutorial Cara mengubah Tema Warna Icon Sistem di Android 10

Pada screenshot bagian kiri gambar dibawah, terlihat warna icon pada notifikasi bar merupakan warna default dari Android 10 yakni biru. Untuk mengubahnya silakan klik icon Settings pada notifikasi bar tersebut atau dapat mengaksesnya pada icon menu Settings di app drawer.

Kemudian pada menu Settings tersebut, pilih menu About phone untuk dapat mengaktifkan Developer Options agar bisa melakukan perubahan warna icon sistem.

Kemudian pada About Phone tersebut, pilih menu Android Version. Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan menu Developer Option agar dapat mengakses menu untuk mengubah warna icon sistem tersebut.  Silakan tap bagian Build number pada Android version tersebut sebanyak 7x (atau lebih) hingga muncul pop up “You are now a developer!“. Jika sebelumnya sudah pernah mengaktifkannya, Pop up yang muncul berbeda yakni bertuliskan “No need, you are already a developer”

Selamat! Menu developer option saat ini sudah terbuka di smartphone kamu. Selanjutnya akses menu tersebut untuk dapat mengubah warna icon sistem Android kamu. Kembali ke menu utama Settings kemudian pilih System, pada menu tersebut pilih Advanced dan akan muncul Developer options, silakan klik menu tersebut.

Jika sudah scroll kebawah dan cari menu Accent color pada bagian Theming. Terlihat saat ini accent color yang digunakan adalah ‘Device default’, artinya belum saya ubah di Android saya.

Jika sudah silakan silakan pilih Accent color yang kamu sukai, kalau saya suka warna ungu yang kelihatan lebih fresh dan ‘unyu’ 😀 . Jika sudah tunggu beberapa detik agar sistem mengubah semua warna yang ada.  Kamu dapat lihat langsung hasilnya di tampilan Settings dan Notifikasi bar tersebut. Amazing bukan? 😀

Note: Untuk pengguna Google Pixel, Developer Option dapat dilakukan di About Phone dan scoll kebagian bawah kemudian klik 7x di bagian Build Number

Bagaimana, apakah kamu berhasil mengubah tema warna icon sistem di Android kamu? Caranya sangat mudah, apalagi jika kamu sudah mengaktifkan Developer Settings sebelumnya. Kamu bebas mengubah warna jika sewaktu-waktu kamu sudah bosan dengan warna icon di Android 10. Share ke teman-teman pengguna Android 10 lainnya agar tidak kudet.

Have a good day!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *