Cara Berhenti Langganan Indihome tanpa Ke Plasa Telkom

Mukharom.com Beberapa minggu lalu akhirnya saya memutuskan untuk benar-benar berhenti dari penggunaan Internet Indihome yang sudah saya gunakan lebih satu tahun. Salah satu penyebabnya adalah masuknya provider penyedia internet yang memiliki harga lebih murah dan memenuhi kebutuhan utama saya yakni internet dan TV. Walau memang TV yang ditawarkan hanya channel basic saja, namun daripada saya memasang kembali antena yang gambarnya kurang memuaskan maka saya lebih tertarik dengannya. Terlebih lagi fitur TV tersebut merupakan bonus yang ditawarkan, dan tidak membutuhkan biaya tambahan untuk bulanannya.

Kendala yang saya alami adalah bingung bagaimana memutuskan internet indihome yang sudah saya pakai, dari informasi yang beredar kita harus pergi ke plasa. Yang saya tau Plasa Telkom hanya buka di hari kerja saja, sedangkan saya sehari-harinya bekerja, malam atau Weekend harus melanjutkan kuliah. Akhirnya setelah saya membaca lebih lanjut, ternyata untuk memutuskan atau berhenti langganan Indihome kita tidak harus ke Plasa Telkom. Hal tersebut dapat dilakukan melalui online, cocok sekali bagi saya yang aktivitasnya cukup padat.

Lalu bagaimana cara berhenti atau memutus langganan Indihome melalui online tersebut? Saya menggunakan sosial media Twitter untuk melakukan proses berhenti langganan tersebut, tanpa harus datang ke Plasa Telkom. Sebenarnya ada beberapa cara, namun saya memilih melakukan proses pemutusan langganan tersebut melalui sosial media. Agar lebih jelas maka akan saya informasikan lebih rinci Tahapan berhenti langganan Indihome via Twitter tanpa harus ke Plasa Telkom.

Tutorial Melakukan Pemutusan Layanan Indihome melalui Twitter

Pada artikel kali ini saya akan bahas cara melakukan pemberhentian layanan Indihome melalui Twitter. Caranya sangat mudah sekali, layaknya sedang curhat di sosial media seperti biasa. Silakan simak langkah-langkahnya.

1. Melakukan Request Melalui Mention di Twitter

Hal pertama adalah kamu memfollow akun twitter resmi Customer Service Telkom yakni @TelkomCare . Jika sudah silakan kamu mention akun twitter tersebut pada Tweet kamu dan informasikan bahwa kamu akan melakukan pemberhentian layanan indihome. Tunggu hingga selanjutnya CS tersebut membalas tweet kamu dan melanjutkan percakapan melalui Direct Message (DM).

Kenapa harus dilanjutkan di DM? Karena pada saat melakukan pemberhentian layanan tersebut pihak Telkom membutuhkan data-data pribadi kamu. Memangnya kamu mau datanya terakses secara publik? Kalau saya sih tidak ๐Ÿ˜€ . Memangnya apa saja sih data yang mereka butuhkan? Lanjut ke langkah selanjutnya.

 

2. Melakukan Validasi Data & Informasi

Hal pertama yang pihak Telkom lakukan via DM adalah melakukan validasi, apakah kamu sudah yakin ingin berhenti dan mempertimbangkan hal tersebut. Ya kalo memang sudah yakin silakan kamu sampaikan saja, seperti saya ini yang sekaligus melakukan curcol (Curhat Colongan). Memang semakin tua semakin terasa pengeluaran semakin bertambah ๐Ÿ™ .

Tanpa basa basi saya pun langsung menanyakan data apa saja yang diperlukan untuk persyaratan melakukan pemutusan layanan tersebut. Info yang mereka berikan adalah informasi seperti layaknya saat kita daftar pertama kali ke Indihome. Namun ada satu hal yang saya bingung, yakni mereka meminta KK (Kartu Keluarga) sebagai persyaratan. Awalnya saya bingung untuk apa, namun saya berusaha berfikir positif. Mungkin dengan diberikannya KK maka orang yang melakukan permintaan tersebut adalah benar-benar orang yang valid, bukan orang yang mengaku-ngaku sebagai orang tersebut.

Mungkin saja jika saya tidak memberikan KK maka saya akan divalidasi kembali melalui telepon (hanya asumsi saya saja). Karena saya sudah memberikan data lengkap, maka saya tidak melalui proses validasi kembali selain mengisi data tersebut. Seharusnya untuk kedepan mungkin pihak Telkom harus melakukan konfirmasi ulang melalui telepon, khawatir ada orang jahil yang menyalahgunakan. Ditambah lagi mereka kehilangan salah satu atau beberapa customernya.

 

3. Menunggu Proses Pemutusan Layanan Selesai

Setelah melakukan validasi dan melengkapi persyaratan yang diberikan, maka pihak Telkom akan membuat laporan agar dapat segera memutuskan layanan kita. Hal ini dapat kamu tunggu hingga akhirnya layanan Indihome tidak dapat digunakan kembali. Setelah melalui fase ini, saya langsung melakukan pencabutan perangkat dan kabel dari Indihome serta menggantinya dengan provider internet lain.

Modem dan perangkat yang sudah terpakai saya rapikan kembali pada dus yang saya simpan saat itu. Biasanya jika proses pemberhentian layanan sudah selesai, maka akan terjadi kondisi sebagai berikut

  • Layanan internet terisolir, artinya WiFi Indihome pada rumah anda sudah tidak dapat lagi digunakan untuk berselancar di internet.
  • Akses ke MyIndihome tidak bisa, semua akses login ke my Indihome tidak dapat diakses lagi. Jadi jika kalian memiliki point indihome yang cukup banyak, maka segeralah ditukarkan sebelum hangus.

 

4. Mengembalikan Perangkat ke Plasa

Jika pada saat anda berhenti berlangganan tersebut masih meninggalkan tagihan bulan sebelumnya, saran saya kamu dapat membayarkannya terlebih dahulu. Tidak baik meninggalkan hutang, kamu dapat membayar tagihan melalui merchant, mobile banking, bahkan Mini market.

Selain itu kamu diperintahkan mengembalikan perangkat milik Telkom ke Plasa Telkom terdekat. Hmm mungkin hal tersebut terdengar agak aneh, karena tujuan pemberhentian via Twitter adalah agar tidak kunjungan dan bertemu langsung ke Plasa. Saya masih kurang tau apakah statusnya wajib atau tidak, namun mengapa Telkom tidak sekalian melakukan pengembalian perangkat untuk para Teknisi nya? Terlebih lagi Telkom memiliki karyawan yang banyak dan database klien yang cukup luas di Seluruh Indonesia.

Bagaimana mudah bukan memberhentikan layanan Indihome pada rumah anda? Cukup melalui sosial media, maka kamu berhasil melakukan pemutusan layanan Indihome tersebut. Jangan ragu share ke teman pengguna indihome lain, agar saat ingin berpaling ke provider lain dapat dilakukan dengan baik.

Have a good day!

You may also like...

2 Responses

  1. Iki says:

    Halo kak, terimakasih atas informasinya. lalu jadinya kaka mengembalikan perangkat ke Plasa Telkom kah? Apa ada info lain jika tidak di kembalikan?

    • Hi mas Iki,
      Saat ini kebetulan saya belum mengebalikan perangkatnya karena belum ada waktu yang pas. Namun memang tidak ada desakan atau pemberitahuan lebih lanjut dari pihak Telkom. Yang berarti bukan suatu hal yang mereka tunggu untuk pengembalian perangkat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *