Mencoba Provider Internet Bali Fiber, Bagus kah?

Mukharom.com Akhirnya keputusan saya untuk memutus internet rumah dari indihome pun sudah bulat, dengan masuknya provider baru yang menawarkan harga yang lebih miring dengan fitur yang mirip. Sebelum sales dari Bali Fiber datang, saya memang sudah melihat SSID dari Balifiber Free Molecool yang terdeteksi di perangkat saya. Dari awal saya langsung tertarik dan ingin mencoba koneksi tersebut, dan berencana melakukan pemutusan internet sekarang. Saya memberhentikan layanan Internet dari Indihome hanya melalui online, tanpa mengunjungi Plasa. Untuk tahapan dan panduannya sudah sempat saya tuliskan pada artikel sebelumnya: Cara Berhenti Langganan Indihome tanpa Ke Plasa Telkom.

Tidak lama kemudian sales Balifiber pun datang menawarkan dan menyebar brosur ke perkampungan tempat saya tinggal. Kebetulan saya sedang tidak di rumah dan sedang bekerja, ibu saya yang menerimanya. Setibanya saya di rumah pun langsung diberitahukan bahwa ada yang menawarkan internet rumahan. Saya langsung tertarik ketika melihat biayanya yang cukup signifikan perbedaannya dibandingkan dengan Indihome yang saya pakai saat ini.

Namun ketika saya cek di website dan browsing di internet, sepertinya BaliFiber masih belum meratakan tarifnya di setiap daerah. Ada perbedaan harga pada paketnya di setiap daerah. Namun jika dibandingkan dengan simerah, saya pun tertarik dan langsung menghubungi Sales dari BaliFiber tersebut. Tidak lama kemudian saya pun langsung mendaftar melalui sales tersebut, persyaratannya pun mudah.

Biaya Bulanan Internet BaliFiber di Bekasi

Buat yang menanyakan, berapa sih biaya langganan bulanan Internet Bali Fiber? Kebetulan saya berdomisili di Bekasi Barat, dekat perbatasan dengan Jakarta Timur. Tarif yang ditawarkan untuk Internet + Basic TV nya sedikit berbeda dengan yang ada di website https://www.balifiber.id/home/bf_home . Untuk tarif yang saya dapatkan adalah sebagai berikut

Yang saya dapatkan dengan biaya tersebut adalah koneksi internet, sewa modem, serta TV Basic melalui port antenna yang disediakan di ONT (Modem). Menurut saya biaya yang ditawarkan cukup murah, mungkin karena masih baru atau biaya promosi (mungkin). Harga tersebut bisa berbeda tergantung dengan wilayah, untuk kepastiannya silakan hubungi langsung Bali Fiber ๐Ÿ™‚

Bagaimana Kecepatan Internet BaliFiber?

Mungkin banyak yang bertanya-tanya tentang bagaimana kecepatan internet menggunakan BaliFiber? Apakah koneksinya cepat? Apakah koneksinya stabil? Apakah supportnya bagus? Berikut adalah test kecepatan internet (speedtest) yang saya lakukan dengan menggunakan koneksi Internet Bali Fiber tersebut. Test ini saya lakukan pada malam hari sekitar pukul 10.00 PM, dimana seharusnya banyak pengguna yang menggunakan internet tersebut.

Hasil speedtest menggunakan BaliFiber home dengan paket Kuta (25Mbps) yang saya gunakan dan test ke server di Jakarta. Hasilnya sangat memuaskan, koneksi yang didapatkan hampir 1:1 antara Download dan Upload dengan ping yang cukup rendah.

 

Ketika mengubah server ke Singapore, sayangnya hasil kecepatannya menurun dan tidak secepat server Indonesia. Begitupun dengan hasil ping nya yang bisa dibilang cukup tinggi hingga 20ms. Namun saya cukup wajar mengingat harganya yang cukup terjangkau menurut saya.

 

Bagaimana Kualitas & Support dari BaliFiber?

Well selama sekitar 3 bulan menggunakan internet rumahan dari Balifiber (BaliFiber Home), saya bisa dibilang cukup puas dengan layanan yang diberikan. Kenapa saya bilang cukup? Karena saat bulan ke-2 sempat terjadi kendala karena ada salah satu link yang terputus akibat adanya kebakaran. Mungkin karena link backupnya belum tersedia karena belum meluasnya jangkauan BaliFiber, maka proses recovery nya membutuhkan waktu sekitar 3 hari.

Namun supportnya cukup baik karena ada informasi yang diberikan, walau bisa dibilang tidak sebaik simerah karena sudah lebih besar. Sedangkan untuk kestabilan internetnya saya kira bagus dan stabil, saya belum pernah mengalami koneksi drop yang parah sehingga mengakses internet lambat. Bahkan TV di rumah yang sudah menggunakan smart TV sering melakukan streaming untuk saluran TV lokal maupun luar. Karena tidak ada info batasan FUP maka streaming video tidak menjadi halangan bagi pengguna BaliFiber.

Untuk kualitas TV nya, jika TV yang kamu miliki masih menggunakan antena analog maka saluran yang didapatkan seadanya. Namun jika sudah support antena digital maka kalian bisa berbahagia karena mendapat kualitas yang bagus. Untuk pembahasan mengenai saluran TV dari Basic TV channels akan saya tulis pada artikel terpisah.

 

Bagimana kira-kira apakah anda tertarik menggunakan internet rumahan dari BaliFiber? Tulisan ini merupakan pure review dan opini saya semata terhadap koneksi internet Balifiber home, tidak disponsori oleh pihak BaliFiber atau manapun. Saya hanya berusaha menekan pengeluaran dengan mencari internet rumahan yang lebih terjangkau dan mencoba hal baru ๐Ÿ˜€ . Silakan share ke teman kamu yang mau berencana juga memasang BaliFiber di rumahnya.

Have a good day!

You may also like...

26 Responses

  1. Ade says:

    Balifiber kualitasnya ancur, putus nyambung terus terusan

    • Hi mas Ade,
      Wah kebetulan koneksi saya cukup bagus selama ini, kalau boleh tau lokasinya dimana mas? Saya di pinggiran Jakarta Timur dan Bekasi Barat (dekat Stasiun Cakung)

      • Roman says:

        wah cakung mana nih gan, saya di jaktim juga pulogadung, kebetulan mau ganti provider dari si merah ke provider ini nyoba, BaliFiber luas kah coverage nya?

        • Hi mas Roman,
          Saya di dekat Stasiun Cakung mas, tepatnya di dekat Gereja GPIB Harapan Baru Regency. Saat awal pasang sih masih belum begitu luas, tapi sepertinya sudah diperluas lagi. Bisa coba kontak via sosmed BaliFiber saja (rekomendasi Twitter) untuk menanyakan ketersediaan jaringan di daerah mas nya ๐Ÿ˜€

          • Abiyoso says:

            hallo, mau tanya mas, klo untuk main game suka RTO ga ya? atau ada pengalaman dengan ping yang tidak stabil? kebetulan saya daerah penggilingan mau beralih kelayanan ini cuma masih mencari review orang yang sudah menggunakannya. dan satu lagi mas, waktu ada kendala pihak balifiber memberikan informasi melalui apa? Terima kasih.

  2. Halo mas Abiyoso,
    Untuk games kebetulan saya belum pernah mencobanya karena saya sangat jarang sekali bermain games online (baik pc maupun hp). Tapi so far koneksinya oke, sempat beberapa kali agak down namun di restart modem kembali normal. Untuk support komplain jika ada kendala saat ini saya sering komunikasi via twitter. Cukup cepat semakin kesini untuk responnya dibandingkan awal-awal.

  3. Zubaedah says:

    di blog saya sudah saya review berkali kali koneksinya ancur klo main game. saya engga tau ini kendala wilayah, apa kendala jaringan kabel infrastruktur mereka, apa kendala di modem, dst. tapi dulu pakai first media tidak pernah ada masalah, bedanya si bali fiber ini bandwidthnya 100mbps sering dapat di atas 80mbps jadi itu aja kelebihannya. namun erornya juga sering sekali.

    bisa di cek silahkan di halaman saya
    https://kelusahari.home.blog/2020/03/26/koneksi-internet-bali-fiber-tidak-buat-gamer/

    • Hi Mba Zubaedah,
      Terima kasih atas komentarnya, sepertinya BaliFiber ini memang kurang rekomended untuk games ya karena beberapa mengeluh hal yang sama. Kebetulan saya hanya menggunakan untuk browsing, streaming dan download saja. Sejauh ini cukup puas dengan harga dan koneksi yang ditawarkan

  4. Ferdi says:

    Baru pasang bali fiber 1 mingguan, speed nya ancur, nyentuh diatas 1 Mbps aja jarang2. kacaaaauu, ngeganggu saat WFH.

    • Halo mas Ferdi,
      Kalau boleh tau di daerah mana mas lokasinya? Sepertinya harus complain ke pihak BaliFiber kalau sampai separah itu. Kalau saya biasanya jika terasa lambat, saya restart modem dan koneksinya kembali normal. Entah kenapa tapi sudah beberapa kali seperti itu.

  5. ibun says:

    Pasang di bintara bekasi barat aman ga ya jaringannya?

    • Hi mas Ibun,
      Kemungkinan sih aman, karena masih tidak jauh dari jalan Tol dan masih dekat dengan daerah saya. Mengingat Bali Tower ini setahu saya digunakan untuk jaringan disetiap gerbang Tol *CMIIW

  6. casiraghi says:

    bener2 sampah koneksi internet balifiber, komplen g pernah di layanin, gw pake speed selalu g sampe 1mb, gw baru pake 2 bulanan itu sama skali g pernah gw pake, karna tiap x gw cek itu internet speed nya lemot sama ping tinggi, gw dah restart modem ribuan x juga ttp aja…
    gilaran mau gw putus malah suruh bayar biaya instalasi 820k karna ada syarat masa langanan,,
    sakit emang jgn ampe kecebur dah pake balifiber di iming2 harga murah….
    gw kasi SS chat cs balifiber
    https://imagizer.imageshack.com/img922/6913/tEDnFk.jpg

  7. Githa says:

    halo mau tanya, balifiber bisa buka netflix gak ya?

  8. Putri says:

    Maaf mau tanya.. Aku tiap buln dapet sms atas nama balifiber sedangkan saya engak pernah pake. Itu gimana ya penipuan apa hoax.?

    Tolong minta pe cerahannya

    • Hi Mba Putri,
      Untuk isi dari sms tersebut bagaimana mba? Untuk lebih jelasnya mungkin bisa ditanyakan langsung ke customer service BaliFiber via sosial media/telepon, karena kebetulan saya hanya pengguna saja ๐Ÿ˜€

  9. Erlan says:

    Syarat ยฒ berhenti berlangganan balifiber harus ngelewati 12 bulan berlangganan, baru tidak dikenakan denda 500rb dan kalo mau berhenti harus bayar tagihan bulan sebelum nya, kalo nggak mau bayar tagihan terus modem nya di putusin tetep aja bakal kena terus tagihannya … Terkadang pihak sales-nya pun kurang lengkap ngasih info ke customer gimana cara nya nanti berhenti berlangganan kena denda atau nggak…

    • Hi mas Erlan,
      Terima kasih atas sharing informasinya, noted mas saya baru tau informasi ini. Mungkin buat temen-temen yang baru memasang internet di rumahnya bisa memperhatikan S&K dan persyaratan lainnya, terutama bagi provider yang masih baru.

  10. Arden says:

    Bung Fajar mau nanya dong, berapa biaya yang dibayar tiap bulannya ya? (setelah PPN dan biaya sewa perangkat)

    Ini mau coba pasang Balifiber juga tapi mau tau detail ya dulu ๐Ÿ˜

    • Hi mas Arden,
      Untuk biaya perbulan awalnya sama seperti tabel yang saya upload di artikel ini, yakni 276.900/bulan untuk 25Mbps. Tapi beberap bulan lalu ada penyesuaian harga dan kenaikan jadi perbulannya sebesar 298.900/bulan untuk 25Mbps

  11. Petoak says:

    Gue korban ketidakprofesionalan BaliFiber. Pelayanannya buruk banget, kalau aja ada nilai 0, dari skala 1 sampai 5, mungkin ratingnya cuma nol koma, bahkan tidak sampai satu. Buat yang belum berlangganan, sebaiknya pikir sejuta kali deh. BaliFiber nambah masalah hidup malah.

  1. October 11, 2019

    […] perihal Balifiber tersebut. Jika kalian belum tahu dan penasaran, anda dapat baca pada artikelย  Mencoba Provider Internet Bali Fiber, Bagus kah? […]

  2. April 2, 2020

    […] yang stabil. Saya juga sudah pernah mengulas kualitas Balifiber tersebut pada artikel berikut: Mencoba Provider Internet Bali Fiber, Bagus kah? Sejauh ini memang saya rasakan koneksinya cukup baik, jika memang tidak ada gangguan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *