Mencoba Provider Internet Bali Fiber, Bagus kah?

Mukharom.com Akhirnya keputusan saya untuk memutus internet rumah dari indihome pun sudah bulat, dengan masuknya provider baru yang menawarkan harga yang lebih miring dengan fitur yang mirip. Sebelum sales dari Bali Fiber datang, saya memang sudah melihat SSID dari Balifiber Free Molecool yang terdeteksi di perangkat saya. Dari awal saya langsung tertarik dan ingin mencoba koneksi tersebut, dan berencana melakukan pemutusan internet sekarang. Saya memberhentikan layanan Internet dari Indihome hanya melalui online, tanpa mengunjungi Plasa. Untuk tahapan dan panduannya sudah sempat saya tuliskan pada artikel sebelumnya: Cara Berhenti Langganan Indihome tanpa Ke Plasa Telkom.

Tidak lama kemudian sales Balifiber pun datang menawarkan dan menyebar brosur ke perkampungan tempat saya tinggal. Kebetulan saya sedang tidak di rumah dan sedang bekerja, ibu saya yang menerimanya. Setibanya saya di rumah pun langsung diberitahukan bahwa ada yang menawarkan internet rumahan. Saya langsung tertarik ketika melihat biayanya yang cukup signifikan perbedaannya dibandingkan dengan Indihome yang saya pakai saat ini.

Namun ketika saya cek di website dan browsing di internet, sepertinya BaliFiber masih belum meratakan tarifnya di setiap daerah. Ada perbedaan harga pada paketnya di setiap daerah. Namun jika dibandingkan dengan simerah, saya pun tertarik dan langsung menghubungi Sales dari BaliFiber tersebut. Tidak lama kemudian saya pun langsung mendaftar melalui sales tersebut, persyaratannya pun mudah.

Biaya Bulanan Internet BaliFiber di Bekasi

Buat yang menanyakan, berapa sih biaya langganan bulanan Internet Bali Fiber? Kebetulan saya berdomisili di Bekasi Barat, dekat perbatasan dengan Jakarta Timur. Tarif yang ditawarkan untuk Internet + Basic TV nya sedikit berbeda dengan yang ada di website https://www.balifiber.id/home/bf_home . Untuk tarif yang saya dapatkan adalah sebagai berikut

Yang saya dapatkan dengan biaya tersebut adalah koneksi internet, sewa modem, serta TV Basic melalui port antenna yang disediakan di ONT (Modem). Menurut saya biaya yang ditawarkan cukup murah, mungkin karena masih baru atau biaya promosi (mungkin). Harga tersebut bisa berbeda tergantung dengan wilayah, untuk kepastiannya silakan hubungi langsung Bali Fiber 🙂

Bagaimana Kecepatan Internet BaliFiber?

Mungkin banyak yang bertanya-tanya tentang bagaimana kecepatan internet menggunakan BaliFiber? Apakah koneksinya cepat? Apakah koneksinya stabil? Apakah supportnya bagus? Berikut adalah test kecepatan internet (speedtest) yang saya lakukan dengan menggunakan koneksi Internet Bali Fiber tersebut. Test ini saya lakukan pada malam hari sekitar pukul 10.00 PM, dimana seharusnya banyak pengguna yang menggunakan internet tersebut.

Hasil speedtest menggunakan BaliFiber home dengan paket Kuta (25Mbps) yang saya gunakan dan test ke server di Jakarta. Hasilnya sangat memuaskan, koneksi yang didapatkan hampir 1:1 antara Download dan Upload dengan ping yang cukup rendah.

 

Ketika mengubah server ke Singapore, sayangnya hasil kecepatannya menurun dan tidak secepat server Indonesia. Begitupun dengan hasil ping nya yang bisa dibilang cukup tinggi hingga 20ms. Namun saya cukup wajar mengingat harganya yang cukup terjangkau menurut saya.

 

Bagaimana Kualitas & Support dari BaliFiber?

Well selama sekitar 3 bulan menggunakan internet rumahan dari Balifiber (BaliFiber Home), saya bisa dibilang cukup puas dengan layanan yang diberikan. Kenapa saya bilang cukup? Karena saat bulan ke-2 sempat terjadi kendala karena ada salah satu link yang terputus akibat adanya kebakaran. Mungkin karena link backupnya belum tersedia karena belum meluasnya jangkauan BaliFiber, maka proses recovery nya membutuhkan waktu sekitar 3 hari.

Namun supportnya cukup baik karena ada informasi yang diberikan, walau bisa dibilang tidak sebaik simerah karena sudah lebih besar. Sedangkan untuk kestabilan internetnya saya kira bagus dan stabil, saya belum pernah mengalami koneksi drop yang parah sehingga mengakses internet lambat. Bahkan TV di rumah yang sudah menggunakan smart TV sering melakukan streaming untuk saluran TV lokal maupun luar. Karena tidak ada info batasan FUP maka streaming video tidak menjadi halangan bagi pengguna BaliFiber.

Untuk kualitas TV nya, jika TV yang kamu miliki masih menggunakan antena analog maka saluran yang didapatkan seadanya. Namun jika sudah support antena digital maka kalian bisa berbahagia karena mendapat kualitas yang bagus. Untuk pembahasan mengenai saluran TV dari Basic TV channels akan saya tulis pada artikel terpisah.

 

Bagimana kira-kira apakah anda tertarik menggunakan internet rumahan dari BaliFiber? Tulisan ini merupakan pure review dan opini saya semata terhadap koneksi internet Balifiber home, tidak disponsori oleh pihak BaliFiber atau manapun. Saya hanya berusaha menekan pengeluaran dengan mencari internet rumahan yang lebih terjangkau dan mencoba hal baru 😀 . Silakan share ke teman kamu yang mau berencana juga memasang BaliFiber di rumahnya.

Have a good day!

You may also like...

2 Responses

  1. October 11, 2019

    […] perihal Balifiber tersebut. Jika kalian belum tahu dan penasaran, anda dapat baca pada artikel  Mencoba Provider Internet Bali Fiber, Bagus kah? […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *