Cara Mengaktifkan Dark Mode pada MIUI 10 Xiaomi

Mukharom.com Dark Mode merupakan fitur keren dan kekinian yang saat ini statusnya wajib ada pada sebuah sistem operasi, baik desktop (laptop/notebook) hingga ke mobile (smartphone). Fitur tersebut sudah mulai diterapkan pada sistem operasi mobile saat ini dan banyak yang tertarik dan suka dengan fitur tersebut. Fitur tersebut memang sangat memanjakan mata kita, terlebih lagi jika kita gunakan smartphone pada malam hari ataupun dalam keadaan gelap.

Pada ponsel android, fitur dark mode tersebut mulai digarap dan dapat digunakan pada versi Android 9.0 alias Pie. Fitur tersebut sudah hadir di beberapa ponsel terbaru termasuk ROM yang dimiliki oleh Ponsel Xiaomi ini yakni MIUI 10. Pada Miui 10, fitur dark mode sudah hadir dan bisa digunakan terutama bagi android yang sudah mendapat upgrade ke versi 9 atau Pie. Contohnya yakni pada ponsel Xiaomi Redmi Note 5 Pro atau Ai yang saya miliki, fitur dark mode sudah tersedia dan dapat digunakan.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur Dark Mode atau Mode Gelap pada ponsel Xiaomi (MIUI 10)? Caranya sangat mudah, cara tersebut sudah saya coba terapkan di Xiaomi Redmi Note 5 saya dan berjalan dengan baik. Berikut tutorial cara mengaktifkan Dark Mode pada MIUI 10 di ponsel Xiaomi.

Tutorial cara Mengaktifkan Dark Mode pada MIUI 10 di ponsel Xiaomi

Untuk mengaktifkan dark mode, dapat kamu akses menunya pada Pengaturan atau Settings di MIUI 10. Kemudian pada bagian Personalization, pilih menu Display. Pada menu Display tersebut, cari dan pilih menu Dark mode. Oh iya menu dark mode ini tidak tersedia di semua tipe Xiaomi ya, hanya perangkat tertentu saja terutama yang sudah mendapatkan update versi android ke versi 9.0 alias Android Pie.

 

Jika sudah maka kita akan dihadapkan pada 3 opsi untuk Dark Mode tersebut, berikut penjelasan singkatnya

  1. Automatic (base on time of day), yakni mengaktifkan dark mode/mode gelap secara otomatis berdasarkan jam pada hari itu. Contohnya dark mode akan aktif pada jam 6 sore dan akan nonaktif kembali pada jam 6 pagi.
  2. Always on, yakni mengaktifkan fitur dark mode secara terus menerus pada ponsel anda.
  3. Always off, yakni menonaktifkan fitur dark mode secara terus menerus pada ponsel anda.

Berikut contoh tampilan dark mode yang sudah diaktifkan pada MIUI 10 di ponsel Xiaomi milik saya. Semua aplikasi sistem akan bertemakan gelap/hitam pekat, namun tidak pada aplikasi pihak ketiga.

Eits ternyata fitur dark mode tersebut masih memiliki kekurangan loh, berikut kekurangannya

  • Jika tema yg digunakan tidak mendukung icon dalam versi gelap, maka icon akan kembali ke versi tema default
  • Jika kamu berada diluar dengan cahaya yang cukup terik, akan terasa gelap sekali dan membutuhkan brightness yang tinggi

Bagaimana, mudah bukan mengaktifkan fitur dark mode pada MIUI 10 di ponsel Xiaomi? Pastinya bagi kamu yang suka gelap-gelapan bareng hape langsung aktifin fitur ini deh, benar kan? 😀 Jangan lupa share ke teman kamu pengguna Xiaomi agar tidak kudet dan ketinggalan info soal dark mode ini.

Have a good day!

You may also like...

1 Response

  1. Sangat membantu kak terus update kak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *