Panduan Upgrade Kartu Axis/XL di XL Xplor

Mukharom.com Sudah beberapa tahun sudah saya menggunakan kartu Axis untuk berinternet ketika diluar rumah. Kebutuhan internet saya memang tidak begitu banyak membutuhkan kuota dan kecepatan tinggi, maka dari itu saya memilih Axis dengan kuotanya yang murah. Namun semakin kesini saya merasa koneksi internetnya semakin melambat, saya curiga karena saya belum melakukan upgrade kartu milik saya. Walaupun sudah menggunakan ponsel dengan kemampuan 4G, namun saya masih menggunakan kartu Axis 3G karena merasa masih nyaman.

Akhirnya setelah melakukan browsing dan bertanya, saya memutuskan untuk melakukan Upgrade kartu Axis saya ke 4G. Awalnya saya bingung dan ragu mau melakukan upgrade dimana, jika di konter pulsa saya bingung dimana dan apakah bisa hanya melakukan upgrade kartu saja. Tetapi jika di service centernya, saat ini Axis sudah merger dengan XL dan tidak memiliki service center. Akhirnya saya bertanya dan memutuskan untuk datang ke XL Center yang bernama XL Xplor yang kebetulan tidak jauh dengan tempat tinggal saya, yakni XL Xplor Summarecon Mal Bekasi.

Lalu bagaimana sih cara upgrade kartu Axis di Gerai XL atau XL Xplor ini? Sangat mudah, jika kita tidak tahu pun petugasnya dapat melayani dengan ramah dan memberi tahu alur untuk prosesnya. Berikut panduan cara upgrade kartu Axis atau XL dari 3G ke 4G di XL Center / XL Xplor.

Langkah upgrade kartu Axis atau XL dari 3G ke 4G di XL Xplor

Sebelum melakukan upgrade kartu sim kamu, ada beberapa hal yang harus disiapkan antara lain

  1. Kartu Axis/XL yang masih aktif (pastiin kamu ingat nomornya ya)
  2. Uang Rp10.000,- untuk biaya upgrade dan ganti kartu (ga gratis ternyata 😀 )
  3. KTP/SIM untuk proses upgrade dan data diri
  4. Sim card ejector (buat ambil kartu sim kamu) *ini sih kayaknya petugasnya juga punya 😀

Oke kalau semuanya sudah siap, sekarang kamu bisa datang ke XL Xplore terdekat di kota kamu. Kebetulan saya berada di Bekasi dan XL Xplore terdekat ada di Summarecon Mal Bekasi. Lokasi XL Center atau XL Xplore di Summarecon Mall Bekasi terletak di Summarecon Mall Bekasi Lantai 2F No. 103. Kalau kamu bingung bisa tanya langsung ke satpam yang berada di sekitar.

Pertama, silakan kamu ambil nomor antrian pada mesin yang disediakan di depan. Pada menu mesin tersebut pilih menu Layanan dan Pengaduan kemudian masukkan nomor telepon kartu kamu yang akan dilakukan upgrade. Jika sudah simpan nomor antrian kamu dan tunggu di ruang tunggu yang disediakan.

 

Seperti inilah tiket antrian untuk proses upgrade kartu ke 4G, untungnya saya mendapat nomor yang tidak terlalu jauh dari antrian saat ini. Sambil menunggu antrian, kamu dapat melihat-lihat ponsel yang dijajakan pada sekitar XL Xplore ini. Mulai dari smartphone low end hingga high end disediakan disini, kebetulan mereka bekerjasama dengan erafone untuk program bundling kartu internet dengan ponsel.

 

Seperti inilah penampakan dari konter customer servicesnya. Terlihat kecil memang, namun setiap konter dapat melayani hingga 2 customer. Jadi bisa dibilang prosesnya cukup cepat karena ada 4 customer service.

Jika giliran kamu sudah tiba, silakan maju ke depan. Kamu akan ditanyakan kembali nomor telepon dan KTP untuk melakukan pengisian data. Kamu juga disuruh mengisi form singkat untuk melakukan upgrade tersebut. Oh iya jangan lupa membawa sim card ejector untuk mengambil sim card lama kamu ya. Nantinya sim card lama kamu akan diberikan dan tidak aktif lagi karena diganti dengan sim card baru.

Proses tersebut akan menghapus seluruh kontak yang disimpan di Sim Card kamu, namun jika kamu menyimpan kontak di memory telepon jangan khawatir karena kontak tetap aman. Proses upgrade tersebut membutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk melakukan pengisian data diri dan pendaftaran kartu baru. Oh iya walaupun yang digunakan nanti merupakan kartu baru, tapi nomor yang digunakan akan tetap sama. Begitupun pulsa dan paket internet yang digunakan, jadi kamu tidak perlu khawatir.

 

Setelah proses pengisian data diri dan pendaftaran kartu baru selesai, kita akan diberikan kartu perdana baru. Kartu lama kita diberikan kepada petugas dan sudah tidak aktif lagi, karena nomor dan data lainnya sudah dipindahkan ke kartu baru. Setelah itu kita tinggal memasangkan saja kartu baru tersebut ke ponsel kita. Kita tidak memerlukan registrasi ulang untuk kartu tersebut karena sudah aktif dan siap pakai.

 

Setelah memasang kartu baru tersebut silakan langsung test untuk penggunaan internetnya. Taraaa! icon internetnya sudah berubah dari sebelumnya 3G atau H+ ke 4G, sekarang kamu dapat menikmati akses internet yang lebih cepat dengan jaringan 4G.

Bagaimana, mudah bukan melakukan upgrade kartu AXIS / XL ini ke jaringan 4G. Walaupun dikenakan biaya 10rb, hal tersebut bisa dibilang wajar dan mungkin sama saja jika kita lakukan di konter pulsa. Share ke teman kamu pengguna Axis atau XL yang masih saja menggunakan jaringan 3G ya, biar ga ketinggalan jaman 😛

Have a good day!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *