Cara Menggunakan Fitur Forgot Password Zimbra

Mukharom.com Tahukah kamu bahwa pada Zimbra mulai versi 8.8.9 sudah terdapat fitur baru yang sangat membantu user dan administrator? Yap benar, fitur tersebut adalah fitur Forgot Password pada Zimbra yang ada mulai di versi tersebut. Fitur ini sangat berguna jika ada salah satu user yang lupa dengan password dari akun Zimbra tersebut. User tidak perlu repot-repot meminta reset password kepada administrator agar dapat menggunakan emailnya kembali.

Dari sisi administrator juga dimudahkan, karena menghilangkan salah satu beban pekerjaannya. Untuk menggunakan Fitur Forgot password di Zimbra ini, pastikan kamu sudah menambahkan Password Recovery Account di menu preference webmail Zimbra kamu. Jika bingung kamu dapat cek postingan saya sebelumnya yakni Cara Menambahkan Password Recovery Account di Zimbra.

Kamu sudah melakukan penambahan password recovery account? Oke, jika sudah maka kamu sudah dapat menggunakan Fitur Forgot password tersebut. Bagaimana cara menggunakan fitur forgot password di Zimbra? Berikut Tutorial Cara Menggunakan Fitur Forgot Password Zimbra.

Cara Menggunakan Fitur Forgot Password Zimbra.

Jika kamu sudah menambahkan password recovery account pada Email Zimbra kamu, kamu tak perlu khawatir lagi jika kamu lupa password. Pada menu login awal, kamu bisa klik menu Forgot Password dibawah tombol Sign in.

 

Kemudian kamu akan dialihkan ke menu Forgot Password. Silakan isi username dari email zimbra yang kamu miliki, jika sudah pilih Submit.

 

Maka akan muncul email password recovery kamu. Untuk melakukan reset password, pilih Request Code. Kemudian cek pada akun recovery password kamu dan dapatkan code yang dikirimkan dari email server Zimbra.

 

Salin kode yang diberikan dari Zimbra tersebut. Kode tersebut hanya valid dalam waktu 10 menit kedepan, jadi kamu tidak boleh berlama-lama menginputnya.

 

Kembali ke email server Zimbra, kemudian masukkan kode yang diberikan tadi. Jika sudah klik Verify Code.

 

Kemudian kita akan dihadapkan pada 2 pilihan, karena tujuan utamanya adalah untuk mereset password maka pilih Reset Password.

 

Kemudian isikan password baru email zimbra yang kamu miliki. Pastikan password tersebut memiliki kriteria Strong Password agar tidak mudah diketahui atau diretas oleh pihak lain. Jika sudah pilih Submit

 

Sekarang password akun email Zimbra kamu sudah berhasil di reset dan dapat digunakan kembali. Mudah bukan? Fitur ini memang sangat memudahkan kita sebagai user untuk melakukan reset password email akun tersebut.

Silakan share ke teman kamu yang menggunakan Zimbra juga agar tidak ketinggalan info ini.

Link Forgot Password tidak muncul pada halaman login? Tenang saja! Rekan saya Rizky Pratama sudah menemukan bagaimana Mengatasi Link Forgot Password Tidak Muncul Pada Login Screen Zimbra. Silakan menuju pada blog beliau https://rizkypratama.id/blog/2018/09/06/mengatasi-link-forgot-password-tidak-muncul-pada-login-screen-zimbra-8-8-9-patch-4/

Have a good day!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *