Cara Mengetahui CMS/Engine Website/Blog

Mukharom.com Ketika kita berselancar di dunia maya pasti menemukan banyak sekali macam website/blog. Mulai dari blog dengan tampilan yang sangat simpel atau minimalis, hingga blog/web yang tempilannya sangat ramai. Website merupakan sarana untuk berjualan, sumber informasi, profil perusahaan dan lain sebegainya. Banyak fungsi blog yang dimanfaatkan saat ini dan sangat berguna untuk bisnis kita.

Sering sekali kita menemukan blog atau website yang menurut kita wah, menarik dan membuat penasaran dengan CMS, engine, web programming, atau struktur apa saja yang digunakan dibalik web tersebut. Mungkin kamu biasanya melakukan klik kanan kemudian view page source untuk menemukan jawabannya. Namun cara tersebut merupakan cara kuno dan ribet untuk dilakukan.

Lantas bagaimana Cara Mengetahui CMS / Engine atau Bahasa Pemrograman dari Sebuah Website atau Blog? Caranya mudah banget, cukup dilakukan via browser dengan klik – klik saja. Berikut Cara Mengetahui CMS / Engine atau Bahasa Pemrograman dari Sebuah Website atau Blog

Cara Mengetahui CMS / Engine / Bahasa Pemrograman dari Website / Blog

Cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan Browser Mozilla Firefox maupun Google Chrome. Pada tutorial kali ini author menggunakan Mozilla Firefox untuk melakukan praktek tersebut.

Pertama, lakukan instalasi add ons atau extensions bernama Wappalyzer di browser yang anda gunakan.
Untuk pengguna Google Chrome bisa di download & tambahkan melalui link berikut https://chrome.google.com/webstore/detail/wappalyzer/gppongmhjkpfnbhagpmjfkannfbllamg?hl=en-US
Adapun untuk pengguna Mozilla Firefox dapat mendownload dan tambahkan add ons pada link berikut https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/wappalyzer/?src=search

Silakan klik Add untuk menambahkan extensions tersebut ke browser anda. Jika sudah biasanya browser tersebut akan meminta restart, silakan restart browser anda untuk menampilkan add ons atau extensions tersebut.

 

Jika sudah selesai terinstall dan muncul di browser, mari kita test. Kita coba melihat blog ini https://mukharom.com dan cari tahu CMS serta apa saja yang ada di balik blog tersebut. Terdapat logo WordPress pada add on Wappalyzer tersebut, yang berarti blog tersebut menggunakan CMS WordPress. Untuk melihat lebih detail, silakan klik logo WordPress tersebut.

 

Dan terlihat lah semuanya, detail dari website atau sebuah blog dapat terlihat dengan menggunakan Wappalyzer ini. Terlihat jelas blog ini menggunakan CMS WordPress versi 4.9.8 , kemudian bahasa pemrogamannya menggunakan PHP, Databasenya menggunakan MySQL dan seterusnya. Untuk detailnya dapat dilihat pada gambar berikut.

 

Bagaimana, mudah bukan? Sekarang anda ga perlu menahan-nahan rasa kepo kamu, langsung telusuri aja menggunakan Wappalyzer dan rasa kepo kamu akan terjawabkan. Share ke temen kamu yang suka kepoin atau penasaran dengan CMS / Engine atau Bahasa Pemrograman dari Sebuah Website/Blog.

Have a great day!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *