10 Cara Mengatasi Internal Memori Penuh di Ponsel Xiaomi

Mukharom.com Saat ini pengguna HP Xiaomi di Indonesia sudah sangat banyak, bagaimana tidak brand menyediakan banyak tipe dengan fiturnya yang sangat lengkap di kelasnya. Di banderol dengan harga murah, brand ini mampu menguasai pasar smartphone di Indonesia terutama kelas menengah kebawah.

Disisi lain, xiaomi juga menyediakan tipe jenis kelas atas untuk memastikan bahwa brand ini mempunyai image dengan pengguna kelas bawah. Saya sendiri sebagai pengguna Xiaomi merasa brand ini cukup mempunyai andil dalam pasar di Indonesia. Bagaimana tidak, selain harganya yang murah, fitur yang dimiliki Xiaomi sudah sangat lengkap di kelasnya. Spek yang cukup tinggi di banding brand lain membuat Xiaomi merupakan salah satu brand smartphone yang menyita perhatian.

Namanya juga smartphone murah, pasti memiliki kekurangan. Belakangan ini banyak pengguna Xiaomi yang komplain setelah menggunakan beberapa tahun, apalagi suka menginstal game-game dengan memori besar yang menyebabkan internal memori Xiaomi berada pada titik batasnya. Ya, Pesan “Internal Memori Penuh” disaat salah satu aplikasi yang dibuka dengan konsumsi memori yang banyak. Bukan hanya pada ponsel Xiaomi, tampaknya hal ini juga terjadi pada smartphone lain yang memori internalnya terbatas.

Lalu bagaimana cara mengatasi memori internal penyimpanan penuh di ponsel Xiaomi yang kita miliki? Ada beberapa cara untuk mengatasi “Internal Memori Xiaomi Penuh”, cara ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi dan terbukti solved. Berikut Tutorial 10 Cara mengatasi Internal Memori penuh di Ponsel Xiaomi.

10 Cara Mengatasi Internal Memori Penuh di Xiaomi

1. Gunakan External Card (Memori Eksternal)

Jika hanya mengandalkan memori Internal namun aktifitas penggunaan smartphone terlalu berlebihan, internal memori akan cepat penuh. Sebaiknya menggunakan menggunakan tambahan memori eksternal agar memori internal tidak cepat penuh. Dengan adanya memori eksternal Anda bisa menyimpan file dengan ukuran besar, seperti video, film dan ratusan file musik.

2. Setting Camera “Save to SD Card”

Smartphone bagus disertai dengan kamera yang tajam, akan membuat Anda lebih sering foto. Pada settingan default kamera, foto pada kamera akan disimpan di memori internal. Kapasitas yang tidak besar itu lama-lama akan habis dan memori internal akan cepat habis. Saran yang terbaik adalah menyetting pengaturan kamera ke ekternal memori “Save to SD Card”.

3. Pindahkan simpanan Video/DCIM ke Komputer

Jika langkah 1 dan 2 sudah kalian lakukan dan internal memori masih penuh, segera pindahkan semua file foto/video yang terdapat di folder DCIM pada internal memori ke komputer. Ini sangat disarankan, apalagi ketika tiba-tiba smartphone kalian hilang, kalian masih punya backup file dari komputer.

4. Pindahkan Screenshot ke Eksternal Memori

Secara tidak sadar, pada waktu kalian mengabadikan momen yang kalian lihat di instagram atau status lucu dan screenshot momen tersebut. File screenshot akan secara otomatis akan tersimpan ke memori internal. Lama kelamaan jika screenshot sudah terlalu banyak, ini juga akan menyebabkan internal memori penuh. Maka sebaiknya pindahkan file tersebut ke eksternal memori, untuk menjaga kapasitas memori internal tidak cepat penuh.

5. Pindahkan Galeri WhatsApp

Saya sendiri sering mengalaminya, whatsapp kebanyakan grup. Dan didalam tersebut sering mengirim gambar, video, dll. WhatsApp sendiri dengan settingan defaultnya akan menyimpan file ke dalam folder WhatsApp yang terdapat didalam internal memori.

Baca Juga: Cara Memindahkan Galeri WhatsApp ke SD Card

6. Hapus Aplikasi Yang Sudah Tidak Terpakai

Kita mungkin tidak sadar bahwa selama ini kita sudah menginstall puluhan aplikasi, namun sering dari kita yang melupakan aplikasi tersebut. Dampaknya memori internal akan di penuhi dengan aplikasi-aplikasi yang tidak kita pakai lagi. Untuk itu sebaiknya jika sudah tidak di pakai di uninstall saja daripada menuh-menuhin internal memori.

7. Bersihkan data Browser

Penggunaan browser seperti Google Chrome, Opera dan lain-lain juga mempunyai sedikit pengaruh terhadap internal memori. Apalagi jika sering browsing dan menonton video atau film di internet. Browser history dan cache pada aplikasi browser akan menyimpan temp ke memori internal. Cara membersihkan browser cache langsung saja masuk ke aplikasi browser, kemudian klik pengaturan hapus histori browser, jangan lupa pilih hapus media jika sudah tidak diinginkan lagi.

8. Bersihkan data Youtube

Youtube juga salah satu aplikasi yang disetting secara default menyimpan data-data ke memori internal. Semakin sering kalian menonton youtube, history, cache akan secara otomatis menyimpan temp ke dalam internal memori. Jangan lupa merefresh aplikasi youtube kalian dengan menghapus data-data history dan cahce agar aplikasi lebih ringan.

9. Jalankan CCleaner

Di dalam aplikasi bawaan xiaomi, CCleaner sudah terinstal otomatis di smartphone kalian. Aplikasi ini memang bertugas untuk membersihkan file temp, cache dan cookies pada smartphone. Jangan lupa sering-sering menggunakan aplikasi ini ketika senggang. Android akan lebih enteng dan stabil setelah menjalankan aplikasi ini.

10. Reset ke pengaturan awal (Reset Pabrik/Wipe Cache)

Langkah ini adalah langkah terakhir, ketika smartphone kalian lemotnya sudah melampaui batas. Di dalam sistem android, kita di sediakan menu reset pabrik. Reset ini akan menghapus semua data-data yang ada di smartphone kalian, maka sebaiknya sebelum mereset ke pengaturan awal, backup semua file terlebih dahulu, foto, video, kontak dan lain-lain.

Baca Juga : 10 Fitur Xiaomi Yang Tidak Banyak Diketahui

 

Nah, itu dia 10 Cara Mengatasi Internal Memori Penuh di smartphone Android kamu. Bagaimana mudah bukan? Kamu dapat menerapkannya pada ponsel kamu yang memiliki kendala yang sama seperti itu. Share ke teman atau kerabat kamu yang memiliki kendala yang sama agar dapat membantunya,

Have a good day!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *