Alasan Mengapa Harus Menggunakan Figma

Mukharom.com Saya langsung dibuat jatuh cinta ketika pertama kali menggunakan Figma, dan merasa ingin selalu bersama. Figma merupakan editor grafis paling keren yang selama ini saya temukan dan saya coba gunakan. Mendesain di Figma seperti tidak ada beban dan terasa nyaman sekali, fitur yang disediakan juga cukup lengkap dengan tampilan user interface yang simple dan mudah dipahami.

Jika kamu belum tau, Figma merupakan tools editor grafis berbasis vector dengan berbasis cloud (online). Figma hadir dan dapat digunakan di berbagai platform seperti Windows dan Mac, bagi pengguna sistem operasi lain pun dapat menggunakannya dengan menggunakan web browser. Yap benar, web browser! Saya pertama kali mencoba figma ketika mengerjakan project Mobile Application dengan membuat desain sebuah aplikasi serta membuat prototyping. Saya cukup mudah beradaptasi dengan Figma dan menemukan banyak sekali kelebihan. Maka dari itu saya ingin sedikit sharing tentang Alasan mengapa kamu harus menggunakan Figma untuk membuat desain vector, aplikasi, web atau desain lainnya.

Alasan Mengapa kamu Harus Menggunakan Figma

1. Figma itu Gratis

Sebenarnya Figma tidak fully gratis, tapi untuk penggunaan personal kamu itu amat sangat cukup menggunakan paket Starter yang Gratis untuk mengerjakan personal project kamu. Pada Starter Plan, kita dapat membuat 3 project dengan banyak sekali artboard yang dapat kita buat. Kita juga dapat melakukan kolaborasi dengan Tim Desain kita dengan maksimal 2 editor, dimana untuk project kecil ini sangatlah cukup. Yang menurut saya sangatlah keren yakni fitur Unlimited cloud storage, dimana sekarang saya tidak lagi pusing mencari dimana file desain yang sudah saya buat dan dapat disimpan di cloud figma secara Gratis!

 

2. Ketersediaan Font

Jika kita menggunakan editor offline, hal yang cukup merepotkan adalah mencari font yang sesuai kemudian kita harus menginstall font tersebut terlebih dahulu di komputer kita. Ya ini merupakan hal kecil namun menurut saya ini adalah hal yang bisa memudahkan kita sebagai desainer. Figma sudah menyediakan berbagai pilihan font yang tersedia, biasanya patokan saya sebagai UI desainer adalah Google Font dan hampir semua font yang tersedia di Google Font juga tersedia di Figma. Maka saya hanya membutuhkan preview di Google Font dan menerapkannya pada desain yang saya buat di Figma. Fitur yang kecil namun sangat berguna dan memudahkan kita dalam membuat desain.

 

3. Cloud Base (Online)

Fitur ini bisa menjadi kelebihan dan juga kekurangan, kenapa? Kelebihannya kita dapat dengan mudah dan flexible untuk membuka desain kita dimana saja dan kapan saja, asal memiliki koneksi internet. Kekurangannya kita tidak bisa membuka desain dalam keadaan offline, namun kita dapat mengeksport desain kita jika ingin melakukan editing secara offline. Bagi kamu yang sering berpindah perangkat, fitur ini merupakan fitur yang sangat berguna karena kita dapat mengakses desain kita tanpa harus menyalin dari 1 perangkat ke perangkat lainnya.

 

4. Kemampuan Prototyping

Jika kita membuat desain sebuah aplikasi atau website, pastinya klien meminta sebuah prototyping dari rancangan yang sudah kalian buat. Dengan figma kita juga dapat membuat prototype dari desain yang sudah kita buat. Bukan hanya membuat prototyping, kita dapat membagikannya dengan klien kita secara online dan dapat diakses menggunakan web browser. Dengan begitu klien dapat dengan mudah melihat dan mencoba desain dari yang sudah kita buat.

 

5. Kemudahan Kolaborasi

Karena berbasis online, figma ini dapat melakukan kolaborasi yang memudahkan kita bekerjasama dengan Tim secara online. Artinya kita dapat melakukan editing secara online dan juga realtime dengan Tim Desain kita. Kita juga dapat melakukan editing file project secara bersamaan sehingga project dapat selesai dengan lebih cepat walau kita berada di lokasi yang berbeda. Namun pastikan kamu memiliki koneksi internet yang mumpuni agar kolaborasi dapat berjalan dengan lancar dan juga up to date.

 

6. Tersedia banyak Plugin

Untuk mengerjakan sebuah fitur dalam desain, biasanya kita membutuhkan 3rd party karena tidak dapat langsung diaplikasikan ke Figma. Perang plugin sangatlah membantu UI desainer untuk membuat animasi, mempresentasikan sebuah gambar, atau lainnya. Sehingga tampilan prototype yang dibuat tidak hanya tampilan sederhana saja, melainkan mengarah ke tampilan Aplikasi yang memang ingin dibuat.

 

Bagaimana, apakah kamu sudah mulai tertarik menggunakan Figma? Bagi kamu pengguna Adobe XD, mari gabung bersama saya dan jutaan orang lainnya menjadi #TimFigma 😁. Saat ini saya menggunakan Figma bukan hanya untuk mendesain sebuah user interface dari aplikasi dan website saja, melainkan membuat konten sosial media. Sampai-sampai aplikasi Affinity Photo saya hampir jarang terpakai karena sudah cukup nyaman dengan Figma ini. Share pengalaman penggunaan kamu menggunakan Figma dalam kolom komentar yuk, agar lebih banyak lagi yang menjadi #TimFigma!

Have a good day!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *