Pengalaman Menggunakan JNE JTR untuk Pengiriman

Mukharom.com Ditengah pandemi saat ini, belanja online merupakan salah satu alternatif untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Selain itu juga mendukung himbauan pemerintah untuk dirumah saja, jadi jika tidak terlalu penting janganlah keluar rumah. Membeli barang misalnya, dengan banyaknya layanan e-commerce dan penjual online saat ini maka belanja dapat dilakukan dirumah saja. Cukup mengunjungi salah satu e-commerce dengan berbagai tawaran promo yang beragam, dan menunggu barang tersebut sampai dirumah kita. Suatu hal yang menyenangkan untuk dilakukan dirumah saat ini.

Namun beberapa kendala dialami ketika berbelanja online, apalagi jika barang yang dipesan memiliki volume yang besar atau sangat berat. Sehingga memberatkan biaya karena ongkos kirim yang tinggi dan barang terasa sangat mahal jika dibeli secara online. Tapi hal tersebut dapat diatasi dengan layanan dari JNE yakni JNE JTR (JNE Trucking), yang menawarkan ongkos kirim yang ekonomis khusus barang besar. Layanan JNE JTR (Cargo) ini sudah tersedia dibeberapa marketplace jika penjual mengaktifkan, salah satunya di Shopee.

Apa itu JNE JTR?

“JTR adalah layanan pengiriman dalam jumlah besar dengan menggunakan armada truk melalui darat dan laut dengan harga yang kompetitif.” (sumber: https://www.jne.co.id/id/produk-dan-layanan/jne-express/jne-trucking-jtr)

Ketentuan (berasal dari Website JNE):

  • Minimum berat paket yang dikirimkan adalah 10 Kg.
  • Berlaku juga untuk pengiriman motor.
  • Berlaku untuk pengiriman nasional.
  • Tidak berlaku garansi uang kembali (money back guarantee).

Apakah berbeda kualitas pengirimannya dengan JNE Reguler, YES (Yakin Esok Sampai) dan OKE? Itu tentu menjadi pertanyaan awal sebagian orang, termasuk saya yang sedikit ragu saat akan mencobanya. Tapi jiwa hemat saya menang, akhirnya saya memberanikan diri untuk menggunakan JNE JTR dengan ongkos kirim Rp25.000,- untuk barang dengan berat 7KG. Berikut ulasan dan pengalaman saya berbelanja di Shopee menggunakan ekspedisi cargo dari JNE JTR (JNE Trucking).

Perbedaan Ongkos Kirim dari Barang yang Dibeli

Terlihat sangat jelas selisih dan perbedaan dari ongkos kirim yang ditawarkan dari layanan JNE Reguler dengan JNE JTR. Biaya pada JNE Reguler dihitung berdasarkan berat per-kilogramnya, sedangkan untuk JNE JTR (Cargo) harganya flat yakni hanya 25.000 untuk pengiriman dari Jakarta ke Bekasi (harga dapat berbeda tergantung berat dan jarak pengiriman). Jelas sangat menggiurkan bukan? Ditambah lagi dengan promo gratis ongkir yang biasa ditawarkan marketplace oranye ini hingga 20rb rupiah, jadi saya hanya membayarkan 5rb untuk ongkos kirim dengan berat 7Kg. Mantap murahnya! 😀

Jenis layanan JTR (JNE Trucking)

Ada 4 jenis layanan JNE Trucking, yang saya gunakan adalah layanan JTR (tanpa tambahan apa-apa) yang dikhususkan untuk mengirim barang dengan minimum 10Kg. Apakah harus 10Kg? Tidak, buktinya saya dapat memesan barang dengan berat 7Kg dengan layanan JTR tersebut. 10Kg adalah berat yang sudah ditentukan, jika kurang dari 10Kg maka ditetapkan tarif untuk 10Kg. Jika melebihi dari berat tersebut silakan cek secara langsung ongkos kirim anda pada halaman https://www.jne.co.id/id/tracking/tarif.

Ada 4 layanan JNE JTR pada website JNE yakni JTR, JTR<150, JTR250, dan JTR>250, lalu apakah perbedaannya antara layanan tersebut?

  • JTR, merupakan layanan pengiriman barang dengan minimum biaya untuk 10Kg menggunakan armada truck
  • JTR<150, merupakan layanan pengiriman kendaraan bermotor dengan cc mesin sebesar kurang dari 150cc menggunakan armada truck
  • JTR250, merupakan layanan pengiriman kendaraan bermotor dengan cc mesin sebesar 250cc menggunakan armada truck
  • JTR>250, merupakan layanan pengiriman kendaraan bermotor dengan cc mesin sebesar lebih dari 250cc menggunakan armada truck

Lama Pengiriman dengan JNE JTR

Awalnya saya ragu dengan pengiriman menggunakan JNE JTR dan khawatir paket yang saya terima lebih lama dari yang diharapkan. Saya memesan barang pada tanggal 27 April dan dikirim oleh Seller pada sore/malam harinya. Memang dari awal saya tidak terlalu berekspektasi tinggi dengan tingkat kecepatan pengiriman yang didapat, karena saya memilih layanan dengan ongkos kirim yang ekonomis.

Dari website resmi JNE, layanan JNE Trucking memiliki estimasi waktu pengiriman yang berkisar antara 3 sampai 7 hari. Tergantung dengan seberapa jauh jarak pengiriman dari pengirim dan penerima paket tersebut. Namun untuk pengiriman dari Jakarta ke Bekasi memiliki estimasi waktu pengiriman hanya 3-4 hari. Namun memang dari tingkat pengalaman saya saat melakukan tracking pengiriman, proses update data ke website untuk status terbarunya cenderung lambat dibanding dengan layanan Reguler. Entah karena memang sistem yang sedang gangguan atau memang proses update status data tracking untuk layanan JTR ini yang lambat.

Tapi overall saya cukup puas karena paket datang sesuai dengan harapan, yakni hanya sekitar 2 hari setelah saya pesan. Walau paket yang dipilih JNE Trucking, paket tersebut tetap dikirim hingga depan rumah dan tidak mengambil sendiri ke agen JNE terdekat. Itu kalau barang, belum tau bagaimana kalau motor (mungkin bisa ditanyakan ke pihak JNE untuk lebih jelasnya). Saya pun cukup puas dengan layanan JNE JTR yang sangat ekonomis dengan mempertahankan kualitas waktu pengiriman.

 

Bagaimana tertarik menggunakan JNE JTR (Trucking/cargo) untuk mengirimkan atau membeli barang baru? Untuk mengecek ongkos kirim, silakan langsung mengecek pada website JNE: https://www.jne.co.id/id/tracking/tarif karena tarif bisa berbeda tergantung jarak dan berat dari barang yang dikirim. Layanan ini juga cocok bagi pengusaha atau pembisnis yang ingin mendistribusikan barang dengan volume yang besar ke supplier atau rekanan bisnisnya.

Have a good day!

You may also like...

10 Responses

  1. willy says:

    kalau untuk pengiriman barang pribadi apakah bisa mas menggunakan jtr ?

    • Hi mas Willy,
      Jika saya baca-baca di pengalaman orang lain bisa mas untuk barang pribadi. Namun katanya ada beberapa agen yang menolak, saya kurang tau bagaimana prosedur pastinya.

  2. William says:

    Sangat gak recomended pakai JTR , barang saya sdh seminggu gak jalan2 dari jakarta padahal isinya laptop
    Ditanyain csnya malah dibilang silahkan tunggu sampai 14 hari O.O, di tracking masih di jakarta, parah bener…
    Mending ambil yang biasa cm selisih 30-40rb sampai dalam 3 hari..

    • Terima kasih sharingnya mas William, sepertinya sedang kurang beruntung ya 🙁 . Iya bagi teman2 yang kebutuhannya urgent bisa pertimbangkan pakai JNE Reguler saja, tapi hambatan mungkin ada saja jika memang sedang ada kendala. Namun jika ingin menghemat dan bisa sabar menunggu, JNE JTR bisa menjadi pilihan dan solusi 😀

  3. Dimas Anam says:

    Kalau pengalaman saya, bulan kemarin memesan paket dari Jakarta dan memilih pengiriman JNE JTR karena harganya yang lebih murah. Saya kira membutuhkan waktu yang lebih lama tapi, nyatanya tidak terlalu lama. Waktu itu hanya 3 hari paket sampai dirumah:) seperti perusahaan pengiriman lainya.

    • Hi mas Dimas,
      Thanks sharingnya! Ternyata memang kualitasnya cukup baik ya dengan harga yang cukup murah juga. Memang seharusnya sekelas JNE harus mempertahankan kualitasnya sebagai salah satu ekspedisi favorit 🙂

  4. Rahmia sila says:

    Menurut pengalaman saya tidak recomended sih , masa iya barang saya sdh 14 hari blm sampai jga. Saya liat dikirim sejak 8 agustus 2020 tpi statusnya on proses trus gak berubah ubah pfffft

    • Thanks atas sharingnya mba. Sepertinya memang berbeda-beda pengalamannnya ya, mungkin perbedaan daerah bisa jadi salah satu faktor lambatnya pengiriman. Kalau boleh tau pengirimannya dari daerah mana ke mana mba?

    • J. Hasibuan says:

      saya tidak menyarankan untuk memakai jne truking karena lama banget terus gak jelas barang ny udah sampai mna

  5. Ensi Tobu says:

    Saya baru2 pesan barang senilai berat 2 kg. pesan dari tanggal 09 September 2020 sampai sekarang masih on proses terus. saya sendiri takut barang saya tidak tiba nantinya. On Proses dari tgl 9 sampai ini hari. proses pengiriman dari Bandung ke NTT-Kota Kefamenanu. Lama sekali. Dan saya ragu sekaranng….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *