Cara Mengaktifkan Kunci Fingerprint di WhatsApp Messenger

Mukharom.com WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang paling banyak digunakan oleh pengguna smartphone di Indonesia. Dengan kemudahan yang ditawarkan karena hanya menggunakan nomor telepon saja untuk mendaftarnya, bisa dibilang Whatsapp sudah menjadi pengganti SMS saat ini. Sudah bisa dipastikan setiap pengguna smartphone pasti memiliki aplikasi ini, sebagai sarana utama untuk berkomunikasi dua arah yang gratis.

Sebagai aplikasi bertukar pesan, pasti banyak sekali informasi yang masuk di aplikasi tersebut. Informasi yang masuk mungkin bisa berisi informasi penting yang bersifat rahasia dan bersifat pribadi. Lantas bagaimana cara mengamankan informasi tersebut? Apalagi jika ponsel kita dipinjam oleh teman, saudara, ataupun pacar. Hmmm bisa-bisa mereka menyadap informasi dan menyalahgunakannya, bisa berabe kalau begitu 😀 .

Tenang, WhatsApp semakin meningkatkan fitur keamanannya dari waktu ke waktu. Saat ini aplikasi tersebut menyediakan pengamanan tambahan berupa kunci atau lock aplikasi menggunakan Fingerprint. Sehingga tidak sembarangan orang dapat melihat isi pesan di Aplikasi tersebut tanpa membuka kunci dengan fingerprint yang sudah didaftarkan. Tentunya fitur ini hanya dapat diaktifkan pada ponsel yang memiliki Fingerprint dan kita sudah melakukan settings Fingerprint untuk kunci layar sebelumnya.

Lantas bagaimana cara mengaktifkan lock aplikasi WhatsApp dengan Fingerprint tersebut? Caranya sangat mudah, hanya melewati beberapa tahap saja maka isi pesan di WhatsApp kamu dapat lebih aman. Penasaran bagaimana cara Lock aplikasi WhatsApp versi terbaru tersebut? Berikut tutorial cara mengaktifkan Kunci Fingerprint di Aplikasi WhatsApp tanpa Aplikasi tambahan.

Cara mengaktifkan Kunci Fingerprint di Aplikasi WhatsApp

Sebelum mengaktifkan lock aplikasi WhatsApp dengan Fingerprint tersebut, pastikan ponsel kamu memiliki sensor sidik jari atau fingerprint. Selain itu kamu juga harus mengaktifkan fingerprint tersebut sebagai kunci layar smartphone kamu. Jika kamu belum mengesetnya, silakan lakukan konfigurasi lockscreen dengan Fingerprint terlebih dahulu.

Untuk mengaktifkan kunci aplikasi WhatsApp dengan fingerprint, silakan klik logo titik di kanan atas kemudian pilih Settings. Pada menu Settings tersebut silakan pilih Account dan selanjutnya pilih Privacy. Di menu Privacy tersebut terdapat beberapa menu lainnya yang berhubungan dengan pengaturan privacy aplikasi WhatsApp kamu, termasuk dengan lock fingerprint tersebut.

 

Selanjutnya pilih menu Fingerprint Lock yang tersedia di paling bawah, menu tersebut berfungsi untuk mengunci aplikasi WhatsApp yang kita miliki dan hanya dapat dibuka dengan Fingerprint. Kemudian aktifkan menu tersebut untuk mengunci aplikasi WhatsApp kamu.

 

Setelah itu aplikasi WhatsApp akan meminta kamu untuk mengkonfirmasi Fingerprint, agar memastikan bahwa itu kamu. Silakan letakkan jari kamu pada pemindai sidik jari ponsel kamu. Jika sudah, selamat whatsapp kamu berhasil dikunci dengan keamanan fingerprint!

Kamu dapat mengatur periode penguncian aplikasi WhatsApp tersebut, apakah ingin selalu dikunci, setelah 1 menit atau setelah 30menit lamanya. Dengan adanya fitur ini maka kamu tidak perlu aplikasi tambahan untuk mengunci aplikasi WhatsApp messenger milik kamu.

 

Beginilah tampilan aplikasi WhatsApp yang terkunci dengan fitur tersebut. Kamu harus membukanya dengan fingerprint untuk dapat melihat dan melakukan chatting di aplikasi tersebut. Dengan begitu pesan kamu lebih aman dari orang yang tidak bertanggung jawab atau iseng dengan WhatsApp kamu 😛

 

Bagaimana mudah bukan mengunci aplikasi WhatsApp kamu dengan Fingerprint tanpa aplikasi tambahan tersebut? Dengan begitu kamu bisa lebih tenang dengan isi pesan yang ada di WhatsApp kamu. Selain itu kamu juga tidak perlu repot-repot menginstall aplikasi pengaman aplikasi tambahan untuk mengunci aplikasi WhatsApp. Share ke teman kamu pengguna whatsApp lainnya agar tidak ketinggalan informasi ini ya. Share ke: Grup kelas, Grup keluarga, Grup RT, Grup Komunitas, Grup Alumni, Grup Humor Bapak-bapak dan Grup-grup WhatsApp lainnya 😀

Have a good day!

You may also like...

1 Response

  1. Alifa says:

    Hi kak,
    Terima kasih informasinya, bagus sekali. Saya baru tahu fitur ini hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *