Mengenal Teknologi Power Line Communication (PLC)

Mukharom.com –¬†Semakin berkembangnya teknologi, manusia selalu melakukan eksperimen untuk menemukan sesuatu yang baru. Salah satunya teknologi Power Line Communication ini yang merubah bentuk sinyal jaringan menjadi aliran listrik. Untuk lebih jelasnya mengetahui Apa itu Teknologi PowerLine Communication, simak tulisan berikut.

Pengertian


1.1 Power Line Adaptor

Power Line Communication (PLC) adalah  Teknologi atau Sistem yang membawa komunikasi data kepada konduktor yang juga digunakan untuk transmisi tenaga listrik. Sehingga jalur listrik yang berfungsi sebagai sumber aluran listrik juga memiliki fungsi sebagai komunikasi data. Alat yang digunakan untuk merubah komunikasi data menjadi transmisi tenaga listrik bernama Power Line Adapter. Rata-rata Power Line Adapter sudah memiliki enkripsi data dalam transmisinya, sehingga kita tidak perlu khawatir dalam menggunakannya.

Jadi menurut bahasa saya yakni Power Line Communication merupakan teknologi untuk membawa jaringan internet ke dalam jalur listrik sebagai pengganti kabel jaringan. Sangat cocok bagi anda yang memiliki rumah minimalis dan tidak mau menambahkan kabel jaringan baru pada rumah anda.

Sejarah Power Line Communication


Pelopor utama telekomunikasi powerline ini adalah Norweb (anak perusahaan United Utilities PLC, London), dan terutama adalah seorang stafnya yaitu Dr. Paul Brown.

Dr. Brown ditunjuk untuk memimpin grup riset kecil pada Open University di Inggris Pada tahun 1991 untuk menyelidiki kelayakan telekomunikasi melalui kabel listrik. Dia menemukan bahwa di masa lalu banyak insinyur yang telah berjuang dengan ide-ide yang sama tetapi gagal karena noise. Setiap kali listrik dinyalakan, sejumlah besar gelombang disturbansi listrik melewati kabel dan mengubah setiap transmisi data secara simultan.

Dr. Brown dan rekan-rekan tim risetnya menemukan suatu ide menggunakan sinyal-sinyal pada frekuensi tinggi diatas frekuensi yang secara potensial mengubah noise. Meskipun begitu, hal ini juga ada masalahnya. Sinyal-sinyal frekuensi tinggi tidak mampu berjalan cukup jauh dan gaung atau pantulan dalam sistem dapat secara efektif menenggelamkan sinyal-sinyal itu.

Tim riset memutuskan untuk menggunakan lebih dari satu frekuensi dan mengirim data dalam bentuk paket-paket diskrit yang dipandu oleh beberapa bentuk sistem pensinyalan. Pengujian dan penyempurnaan sistem ini dihasilkan pada uji coba proyek pilot dimana sekolah-sekolah dasar di Manchester telah mempunyai sambungan Internet dengan laju 1 Mbps (hampir 10 kali lebih cepat dari sambungan-sambungan ISDN yang telah ada).

Cara Kerja Power Line Communication


1.2 Cara kerja Power Line Adaptor, sumber http://www.ampedwireless.com

Power Line Communication dapat bekerja dengan menggunakan minimal 2 Power Line Adapter. Salah satu power line adapter menjadi penyalur, sedangkan yang lain menjadi penerima. Untuk langkah-langkah menggunakan Power Line adapter dapat mengikuti step berikut:

  1. Hubungkan PowerLine Adapter 1 ke Kabel lan yang terhubung dengan Modem/internet anda
  2. Colok Powerline Adapter 1 ke sumber listrik terdekat
  3. Kemudian colok Powerline Adapter 2 yang berfungsi sebagai receiver/penerima di tempat atau lantai yang berbeda ke sumber listrik (note: harus dalam 1 aliran listrik)
  4. Jika Powerline Adapter 2 memiliki wlan, aktifkan dan konfigurasi wlan tersebut. Namun jika tidak memiliki wlan, anda harus mengguanakan router / wlan tambahan untuk melakukan konfigurasi wireless

Setiap Power Line Adapter memiliki maksimal Node yang berbeda-beda tergantung dengan brand yang digunakan. Jika anda memiliki rumah yang cukup luas, anda bisa menggunakan lebih dari 2 Powerline Adapter untuk memperluas jaringan internet pada rumah anda.

 

Tertarik menggunakan Power Line Adapter di rumah? Atau anda sudah menggunakannya sebelumnya? Silakan komentar untuk sharing pengalaman pada kolom di bawah ini.

Jika tulisan ini bermanfaat saya tidak keberatan jika anda share tulisan ini.

Have a nice day!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *