Pemakaian Listrik Lampu Bardi Smart Bulb

Mukharom.com Sudah hampir 1 tahun saya menggunakan lampu pintar dari Bardi yakni Bardi Smart Light Bulb dan saya gunakan sebagai lampu utama di kamar saya. Saya cukup puas dengan penggunaannya, lampu dengan harga yang cukup terjangkau ini memiliki kemampuan seperti smart light pada umumnya yang memiliki harga yang lebih mahal. Namun karena lampu ini membutukan koneksi internet dan wifi yang standby, banyak pertanyaan datang dan termasuk dari saya sendiri. Seberapa besar daya listrik yang dipakai ketika lampu dalam kondisi mati dan wifi dari lampu tersebut standby untuk memproses perintah dari aplikasi atau smart Assistant?

Untungnya beberapa waktu lalu saya dihubungi Tim Bardi dan mereka bersedia mengirimkan beberapa barang untuk saya tulis, salah satunya Bardi Smart Plug. Salah satu fitur dari perangkat ini yakni kita dapat memantau arus listrik yang mengalir dari colokan atau socket tersebut. Fitur yang sangat berguna untuk memantau arus yang diterima oleh perangkat elektronik yang kita gunakan. Dengan dipadukan colokan fitting lampu e27, saya pun mencoba menghubungkannya dengan lampu Bardi saya untuk melihat penggunaan listriknya.

Bagaimana penggunaan arus listrik pada Bardi Smart Light Bulb tersebut? Baik penggunaan listrik dalam kondisi menyala atau on maupun kondisi saat standby wifi atau lampunya mati. Berikut beberapa informasi yang saya sampaikan terkait pemakaian listrik dari lampu Bardi Smart Light Bulb 9Watt yang saya miliki. Saya mencobanya dalam beberapa skenario, jadi kamu dapat mengira-ngira dan juga dapat lebih berhemat lagi dalam penggunaan listrik dirumah. Berikut informasi penggunaan daya listrik pada Lampu Bardi Smart Light Bulb dalam berbagai skenario, menyala (on), mati (off) dan dalam mode RGB.

Disclaimer: saya menggunakan Bardi Smart Plug untuk melihat arus listrik yang dipakai untuk penggunaan Bardi Smart Light tersebut, jika penasaran kamu dapat membelinya pada e-commerce kesayangan kamu.

Pemakaian Listrik Bardi Smart Light Bulb Kondisi Mati/NonAktif (Off)

Ketika Bardi Smart Light dalam kondisi mati, hal yang sebenarnya terjadi yakni tidak sepenunya perangkat tersebut dalam kondisi mati. Karena perangkat tersebut terkoneksi ke Wi-Fi atau internet, maka membutuhkan daya yang berguna untuk merespon perintah aplikasi untuk menyalakan lampu. Pertanyaannya, berapa daya yang digunakan lampu tersebut? Apakah boros listrik sehingga tagihan listrik dapat membengkak?

Jawabannya tidak. Daya yang dipakai lampu tersebut dalam kondisi standby (lampu mati dan saklar lampu menyala) sangatlah sedikit, yakni hanya memakan daya 0,3 Watt atau 12 miliAmpere. Tidak sampai 1 Watt bahkan tidak menyentuh 1/2 Watt untuk penggunaan listriknya. Daya tersebut sangatlah hemat dan tidak akan berdampak besar pada tagihhan listrik. Penggunaannya pun cukup aman walau lampu dalam keadaan standby, karena arus listrik yang masuk sangat kecil dan hemat energi.

Pemakaian Listrik Bardi Smart Light Bulb Kondisi Aktif: White Color Mode (On)

Pada kondisi menyala dengan skema lampu menyala berwarna putih dengan tingkat kecerahan maksimal (100%), Lampu Bardi tersebut memakan daya sesuai dengan tipe lampu yang kalian miliki. Karena lampu Bardi yang saya gunakan yakni 9Watt, maka daya yang digunakan hampir menyentuh angka tersebut yakni sebesar 8,4 Watt atau 65 miliAmpere.

Sedangkan pada skema kedua yakni kondisi lampu berwarna Putih dengan tingkah kecerahan yang lebih rendah yakni 50%, daya yang digunakan pun berbeda. Pada skema tersebut, lampu Bardi hanya memakan daya sebesar 6,1 Watt atau sebesar 48 miliAmpere. Jadi daya listrik yang digunakan tergantung dari skema pemakaian lampu bardi tersebut, terutama tingkat kecerahan yang kita atur pada Aplikasi.

 

Pemakaian Listrik Bardi Smart Light Bulb Kondisi Aktif: RGB Color Mode (On)

Skenario 1: Lampu Berwarna Merah (RGB Mode)

Selanjutnya saya mencoba mode RGB untuk membandingkan penggunaan daya listrik yang digunakan lampu tersebut. Perlu diketahui bahwa mode White dan RGB memiliki tingkat kecerahan maksimal yang berbeda, maka dari itu secara otomatis daya listrik yang digunakan pun berbeda dan lebih rendah. Berikut hasil test dengan skenario penggunaan lampu berwarna Merah (Red) dengan tingkat kecerahan 100%. Daya yang digunakan ketika menggunakan mode tersebut yakni sebesar 2,3 Watt atau 23 miliAmpere. Hampir sepertiganya dari mode White tersebut, jadi daya yang dipakai ketika menggunakan mode RGB lebih rendah dibandingkan mode White sebelumnya.

Selanjutnya saya mencoba menurunkan tingkat kecerahan dari lampu tersebut menjadi 50% di warna merah. Hasilnya daya yang digunakan hampir 1/2 dari sebelumnya, yakni hanya memakan daya 1 Watt saja atau 16 miliAmpere.

Skenario 2: Lampu Berwarna Biru (RGB Mode)

Selanjutnya karena penasaran, saya mencoba menggunakan warna lain yakni biru untuk melihat apakah ada perbedaan penggunaan daya listrik dari kedua warna yang berbeda. Pertama saya akan melihat dengan tingkat kecerahan sebesar 100%, hasilnya pun tidak berbeda dengan sebelumnya. Lampu tersebut hanya memakan daya listrik sebesar 2,3 Watt atau sebesar 23 miliAmpere.

Skenario terakhir yakni dengan warna yang sama, hanya saja tingkat kecerahannya saya kurangi menjadi 1/2-nya yakni 50%. Hasilnya ada perbedaan dengan warna merah, namun tidak terlalu signifikan perbedaan atau selisinya. Pada skenario terakhir ini, daya yang digunakan oleh lampu bardi tersebut yakni sebesar 0,9 Watt atau 19 miliAmpere.

 

Bagaimana, apakah kamu sudah puas dan paham penggunaan daya listrik pada Lampu Bardi Smart Light Bulb tersebut? Walaupun kamu menggunakan lampu pintar, kamu tidak perlu khawatir penggunaan listriknya akan membengkak karena lampu tersebut cukup hemat daya. Tingkat kecerahan untuk LED warna putihnya pun bisa diadu dengan merk lain, hanya saja lampu RGB-nya memang sedikit lebih redup. Daya listrik yang digunakan cukup stabil, saya mencoba memantaunya dalam beberapa menit dan hanya beberapa kali beruba dengan angka yang tidak signifikan.

Jika kamu merasa puas dan terbantu dengan artikel ini, silakan share ke sosial media kamu atau ke teman kamu pengguna bardi lainnya. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau ingin berbagi pengalaman mengenai penggunaan lampu Bardi kamu, jangan ragu untuk tuliskan pada kolom komentar. Terima kasih kepada Tim Bardi Indonesia atas kirimannya kepada saya.

Have a good day!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *