Perbedaan Xiaomi Repeater v1 dan v2 (Xiaomi Wifi Amplify Range Extender)

Mukharom.com – Xiaomi Wifi Amplify Range Extender atau yang biasa sering disebut dengan Xiaomi Repeater merupakan perangkat besutan xiaomi yang berbentuk USB dan berfungsi untuk memperluas jangkauan sinyal Wifi.  Bentuknya sangat simple dan minimalis layaknya flashdisk, jika dilihat dengan sekilas pasti tidak ada yang menyangka USB tersebut berfungsi sebagai repeater. Sebagai perusahaan yang memiliki produk Home Ecosystem, Xiaomi meluncurkan 2 versi dari produk Xiaomi Repeater ini. Wah kok ada 2 versi?

Versi pertama dari Xiaomi Wifi Amplify Range Extender merupakan versi awal dari produk repeater tersebut, dibuat dengan teknologi terkini pada tahun pembuatannya. Sedangkan untuk Xiaomi Wifi Amplify Range Extender versi 2 yang dibuat beberapa tahun kemudian, dibuat sebagai penyempurna dari v1. Pada versi 2, teknologi yang digunakan lebih canggih dan juga spesifikasi yang lebih tinggi dari versi terdahulunya. Bentuknya pun dibuat sedikit berbeda dari versi 1, penasaran apa saja Perbedaan Xiaomi Repeater v1 dan v2 ? Mari simak postingan berikut.

1. Spesifikasi


Xiaomi Repeater v1
Xiaomi Repeater v2
Up To 150Mbps Up To 300Mbps
USB 2.0 USB 2.0
1 built-in Antenna 2 built-in Antenna

Terlihat jelas pada spesifikasi kedua model terdapat Perbedaan Spesifikasi yang jelas antara Xiaomi Repeater v1 dengan v2. Dimana Xiaomi Repeater v2 merupakan versi terbarukan dari v1 yang memiliki 2 buah antena serta kecepatan transmisi data yang 2X lebih cepat dibanding v1. Jika anda berencana membeli Xiaomi Repeater ini, pastikan anda membeli Xiaomi Repeater v2 karena spesifikasinya lebih baik 🙂

 

2. Tampilan Perangkat (Body)


Tampilan depan Xiaomi Repeater v1 dan v2

Pada tampilan depan terlihat perbedaan yang cukup signifikan dari Xiaomi Repeater v1 dan v2. Berikut saya buatkan list perbedaan dari kedua repeater tersebut :

  1. Xiaomi Repeater v1 memiliki body yang lebih panjang dibanding v2
  2. Xiaomi Repeater v1 memiliki body yang mengotak (kotak), sedangkan v2 sedikit membulat/memiliki lengkungan
  3. Xiaomi Repeater v1 memiliki lubang Reset dan tulisan Reset yang lebih besar dari v2

 

Tampilan belakang Xiaomi Repeater v1 dan v2

Di bagian belakang, terlihat sangat jelas pada Xiaomi Repeater 2 terdapat tulisan WiFi+ yang lebih besar daripada Xiaomi Repeater v1

 

Tampilan samping Xiaomi Repeater v1 dan v2

Jika dilihat dari samping, Xiaomi Repeater v2 memiliki desain yang lebih tipis dibanding dari versi sebelumnya. Bulatan engsel pada Xiaomi Repeater v2 juga jauh lebih kecil dibanding dari v1.

 

3. Kesimpulan


Jika anda berminat memiliki repeater di rumah dengan budget yang minim, desain yang minimalis, mudah di konfigurasi Xiaomi Repeater lah pilihannya. Beli lah Xiaomi Wifi Amplify Range Extender versi terbaru yakni v2 yang memiliki spesifikasi 2x lebih baik dibanding versi terdahulunya. Perbedaan harga Xiaomi Repeater v1 dan v2 juga tidak terlalu jauh, untuk harganya sekitar 100ribuan tergantung Toko yang menjualnya.

Konfigurasi Xiaomi Repeater tersebut sangatlah mudah, jika belum mengetahuinya silakan baca Cara Konfigurasi Xiaomi Repeater (USB WiFi Amplify Range Extender) v1 & v2  . Xiaomi Repeater ini cocok bagi anda yang memiliki Access Point di rumah namun sinyalnya tidak dapat menjangkau seluruh ruangan, atau dapat juga digunakan untuk memperluas jangkauan sinyal WiFi tetangga 😛

 

Jika berminat memilikinya, silakan kunjungi Toko Online favorite anda. Share ke temen kamu biar ga salah beli repeater Xiaomi ini.

Have a good day!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *