Cara Menghilangkan Notch Xiaomi di MIUI 11

Mukharom.com Notch atau yang kerap disebut dengan Poni kini sudah tidak asing lagi ditemui di smartphone saat ini. Diperkenalkan oleh Essentials Phone dan mulai booming setelah seri iPhone terbaru rilis, kini brand smartphone banyak menggunakannya demi mendapatkan screen to body ratio yang tinggi (bezelless). Salah satunya brand dari ponsel asal China yakni Xiaomi. Seri Pocophone merupakan salah satu ponsel dari sub-brand Xiaomi yang pertama dibawa resmi dengan menggunakan poni di layarnya.

Sebagian orang mungkin senang dengan desain poni tersebut karena dinilai mirip dengan brand ternama Apple dan terkesan mewah, namun sebagian orang sebal karena mengganggu. Saya termasuk orang yang tidak suka dengan adanya notch pada smartphone, karena membuat porsi layar berkurang terutama dibagian bar notifikasi yang tertutup poni hitam. Apalagi jika notch yang diberikan sangat lebar, seperti poni Qibil dari The Cangcuters 😀 .

Lalu apakah notch tersebut bisa dihilangkan? Tepatnya bukan dihilangkan, melainkan disembunyikan sehingga seperti tidak ada notch pada smartphone kamu. Untungnya pada MIUI versi terbaru sudah tersedia fitur hide notch tersebut, sehingga kita bisa menyembunyikan poni pada ponsel Xiaomi kita. Lalu bagaimana cara menyembunyikan Poni atau Notch pada ponsel Xiaomi? Berikut tutorial Cara Menghilangkan Notch pada MIUI 11 di ponsel Xiaomi.

Tutorial Menghilangkan Notch pada MIUI 11 di ponsel Xiaomi

Pada tutorial ini saya mencobanya pada Ponsel Xiaomi yang sudah update ke MIUI 11. Untuk menyembunyikan notch atau poni tersebut kamu dapat menemukannya pada Settings kemudian pilih menu Display. Pada menu display tersebut tepatnya di bagian System, pilih menu Notch & status bar untuk menyembunyikan poni ponsel Xiaomi kamu.

 

Kemudian pada bagian Notch, pilih menu Hide notch untuk memilih opsi dari gaya notch di Smartphone Xiaomi kamu yang ingin diterapkan. Terdapat 3 pilihan atau gaya dari Notch yang ada, yakni

  1. Don’t hide – mempertahankan notch di smartphone kamu agar tetap ala iPhone
  2. Hide without moving status bar – menyembunyikan poni dan tetap mempertahankan posisi status bar
  3. Hide and move status bar – menyembunyikan poni dan menggeser posisi statusbar

Saya pribadi lebih senang dengan opsi terakhir, karena rasanya seperti memiliki ponsel tanpa notch dan notifikasi dapat ditampilkan banyak. Sehingga kita tidak perlu scroll notification bar untuk melihat notifikasi apa saja yang ada di smartphone kita 😛

Sampai sini anda sudah berhasil menyembunyikan notch atau poni di Ponsel Xiaomi kalian, Selamat! Bagaimana mudah bukan menyembunyikan poni di Ponsel Xiaomi kalian? Tutorial ini bisa kamu terapkan pada ponsel Xiaomi berponi seperti Pocophone F1, Redmi Note 6 Pro, Redmi Note 7, Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro. Kalau kamu suka menyembunyikan notch seperti apa? Jangan ragu untuk share di kolom komentar ya.

Have a good day!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *