Cara Pesan Tiket Kereta Bandara Railink di Stasiun

Mukharom.com Beberapa waktu lalu akhirnya saya dapat mencoba mode transportasi yang tidak biasa, karena tidak semua orang memiliki keperluan untuk menumpanginya. Ya saya mendapat kesempatan untuk menumpangi kereta bandara, walau sebenarnya tujuan saya bukan untuk ke Bandara melainkan ke lokasi yang tidak jauh dari Bandara. Ketika awal ingin memesan tiket kereta tersebut saya sempat dilanda rasa bingung karena ketidaktahuan saya, “apakah saya bisa memesan tiket Kereta Bandara (railink) tersebut langsung di stasiun?”

Untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut, akhirnya saya langsung mendatangi Stasiun yakni Stasiun Bekasi. Saya masuk di pintu Stasiun yang berada di jalan Perjuangan, dan ternyata saya diperintahkan untuk mengetap KMT/eMoney karena loket tiket Kereta Bandara (Railink) tersebut didalam stasiun Bekasi. Akhirnya saya meminta bantuan petugas agar dapat mendapat akses masuk ke dalam tanpa harus melakukan tap kartu tersebut.

Ketika saya datang, Alhamdulillah ternyata benar adanya bahwa tiket Kereta Bandara tersebut dapat dibeli secara langsung. Namun perlu diketahui, sesuai dengan informasi dari pihak Railink bahwa pembelian tiket dapat dilakukan pembelian dengan maksimal hingga 3 menit sebelum kereta diberangkatkan. Jadi silakan spare waktu agar kamu tidak tertinggal dari kereta Bandara tersebut, sehingga tidak harus menunggu jadwal keberangkatan selanjutnya.

 

Cara Pesan Tiket Kereta Bandara Railink Langsung di Stasiun

Agar tidak bingung dengan jadwal pemberangkatan kereta bendara tersebut, pihak Railink menyediakan mesin informasi khusus yang isinya informasi jadwal keberangkatan. Kamu dapat melihat waktu keberangkatan kereta tersebut dan memilihnya sesuai dengan waktu yang kalian inginkan. Mesin informasi tersebut dapat kamu lihat bentuknya pada gambar di bawah ini.

 

Untuk memesan tiket, terdapat mesin tiket mandiri yang dapat kamu operasikan langsung. Mesin tersebut dapat melakukan pembelian tiket, pembayaran, serta print ticket sekaligus. Awalnya saya bingung, namun untungnya ada petugas yang membantu saya dalam mengoperasikannya untuk dapat membeli tiket tersebut. Mesin tiket tersebut hanya melayani pembayaran non tunai alias cashless, jadi pastikan kamu memiliki kartu debit, kartu kredit ataupun eMoney yang memiliki saldo cukup.

Ada beberapa bagian dari mesin tersebut, untuk dapat memahaminya silakan lihat pada gambar dibawah.

 

Tahapan pesan Tiket Kereta Bandara pada Mesin Tiket Mandiri

  1. Pada menu yang ada pada mesin tiket tersebut, silakan pilih Tickets
  2. Kemudian untuk melakukan pembelian tiket Kereta Bandara, kamu dapat memilih menu Buy Tickets
  3. Pilih Jadwal keberangkatan yang kamu inginkan sesuai pada layar yang tampil
  4. Lalu masukkan nomor telepon ponsel anda agar sistem dapat memverifikasi melalui SMS
  5. Pilih metode pembayaran yang diinginkan, ingat untuk mesin ini hanya menerima pembayaran Non Tunai
  6. Masukkan kartu debit/kredit pada alat EDC atau tap pada alat NFC di mesin tersebut untuk melakukan pembayaran
  7. Tunggu sebentar dan tiket Kereta Bandara (Railink) tersebut akan tercetak

Jika tiket sudah issue dan berhasil dicetak, silakan tunggu hingga kereta Bandara tersebut tiba. Sebelum menaiki kereta Bandara tersebut, biasanya petugas akan meminta tiket tersebut untuk dilakukan scan terlebih dahulu. Perlu diketahui, biasanya pembelian tiket Kereta Bandara secara langsung di stasiun dikenakan biaya normal. Jadi jika ada promo pada aplikasi atau web Railink, tidak berlaku untuk pembelian lansung. Saya pun sempat kaget saat pertama kali membeli tiket langsung, karena harganya sangat berbeda jauh pada online yang kebetulan saat itu sedang ada promo šŸ˜€

 

Jika kereta Bandara Railink sudah tiba, silakan naik dan pilih kursi sesuka hati kalian. Saat terakhir saya menumpangi kereta bandara tersebut, belum ada nomor kursi yang ditetapkan kepada penumpang. Artinya penumpang bebas dapat duduk di kursi mana saja. Mungkin jika semakin ramai dan banyak diminati, nantinya akan ditetapkan nomor kursi untuk masing-masing penumpang agar lebih tertib, mungkin saja.

Selamat menikmati perjalanan menggunakan Kereta Bandara, mudah bukan melakukan pemesanan tiket Kereta Bandara di Stasiun langsung? Saya sangat menikmati perjalanan dengan Kereta Bandara, karena cepat dan perjalanannya begitu mulus. Berbeda dengan bus atau mobil yang suka meliak-liuk dan memabukkan penumpangnya. Pengalaman menaiki kereta bandara tersebut mendapatkan nilai positif dari saya. Selamat berlibur, semoga perjalanan anda lancar.

Have a good day!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *