Cara Upload Sticker ke Telegram

Mukharom.com Setelah sebelumnya saya sudah menulis tentang Tutorial atau Cara Membuat Sticker untuk Telegram, kali ini saya akan menulis tutorial lanjutannya. Yap setelah sticker berhasil kamu buat, langkah selanjutnya yang harus dilakukan yakni mengupload Sticker Pack tersebut ke Telegram agar statusnya Public. Maksud dari Public tersebut yakni sticker pack yang  kamu buat dapat dilihat dan digunakan oleh umum atau orang lain.

Pastinya chattingan makin seru dan gokil dong dengan menggunakan Sticker Pack hasil buatan kamu. Upload sticker ke telegram ini gampang banget loh, tanpa perlu aplikasi tambahan ataupun daftar ke situs tambahan. Wah gimana tuh cara upload sticker ke Telegram agar bisa digunakan banyak orang? Berikut tutorial Cara Upload Sticker Pack buatan kamu ke Telegram agar statusnya Public.

Tutorial Cara Upload Sticker Pack buatan sendiri ke Telegram

Sebelum melanjutkan ke tutorial utama, pastikan kamu punya akun telegram ya :-D. Cara buatnya gampang kok, asal kamu punya Smartphone Android/iOS, nomor telepon, dan koneksi internet. Kalau kamu sudah punya itu semua, yuk lanjut ke tutorial.

Langkah selanjutnya kamu tambahkan Bot Telegram bernama Stickers atau cari dengan username @stickers di kolom pencarian telegram, jika sudah klik add untuk menambahkan ke kontak kamu.

Bot Stickers tersebut merupakan bot dari telegram untuk kamu yang kreatif membuat sticker dan berfungsi untuk mempublikasikan sticker hasil buatan kamu. Selain mempublikasikan sticker yang kamu buat, kamu juga dapat melihat statistik penggunaan stickerpack kamu. Hebat bukan?

 

Jika sudah menambahkan bot tersebut dan mengklik start, maka bot tersebut akan memberi tahu apa saja yang dapat iya lakukan.

Berikut perintah yang dapat dilakukan bot tersebut:

Stickers & Masks
/newpack – membuat sticker pack baru
/newmasks – membuat pack of masks baru
/addsticker – menambah sticker ke sticker pack yang sudah ada
/editsticker – melakukan edit emoticon sticker
/ordersticker – reorder stickers in a pack
/delsticker – menghapus sticker dari yang sudah ada
/delpack – menghapus sticker pack

Stats
/stats – get stats for a sticker
/top – get top stickers
/packstats – get stats for a sticker pack
/packtop – get sticker packs top
/topbypack – get top stickers in a pack
/packusagetop – get usage stats for your packs

 

Untuk mempublikasikan sebuah sticker, ketikkan /newpack kemudian beri nama pada Sticker Pack yang akan di publikasikan tersebut. Pada contoh kali ini saya memberi nama Mukharom pada Sticker pack saya.

Jika sudah maka bot tersebut akan meminta file PNG dengan resolusi 512×512 pixels sesuai dengan artikel saya sebelumnya Cara Membuat Sticker untuk Telegram . Untuk mengupload gambar tersebut pastikan kamu mengirimkan sebagai File ya bukan sebagai gambar, agar formatnya tidak berubah. Oh iya disarankan kamu menggunakan telegram versi Web/Desktop ya agar proses tidak ada kendala.

Nah sekarang upload file gambar berformat PNG yang sudah kamu buat. Kemudian bot tersebut akan meminta emoji yang tepat dan berhubungan dengan sticker yang kamu upload tersebut.

 

Karena gambar yang saya upload bertemakan tanggal tua dan sedih, maka saya memilih emoji sedih untuk sticker tersebut. Jika kamu memiliki banyak sticker, lakukan upload lagi dan memilih emoji lagi. Lakukan berturut-turut untuk sticker yang kamu miliki. Jika dirasa sudah semua terupload, sekarang lakukan publish dengan menggetikkan /publish .

 

Setelah kamu ketikkan /publish, maka bot tersebut akan meminta short name untuk melakukan generate link ke sticker kamu. Disini saya mengetik asal yakni excellentsticker1. Jika sudah bot tersebut akan mempublish dan memberikan link menuju sticker kamu.

 

Taraaa!! Berikut hasil sticker pack yang telah di publish. Jika kamu memiliki beberapa sticker, kamu dapat menambahkannya agar chattingan kamu beragam dan semakin seru serta asyik!

 

Mudah bukan? Hayooo siapa yang mau isengin foto teman kamu buat dijadiin sticker? 😀 . Kayaknya cukup sekian tutorial kali ini, silakan dipraktekkan sendiri ya.

Fajar Mukharom pamit, Have a good day!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *