DIY: Membuat Coiled Cable ala Kabel Telepon

Mukharom.com Kabel merupakan teman baik bagi kita saat ini, terutama bagi orang yang memiliki barang elektronik dan menggunakan dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun sudah terdapat teknologi wireless, beberapa orang lebih suka menggunakan kabel dengan berbagai macam alasan. Hal tersebut membuat tampilan terlihat berantakan karena kabel yang berserakan, terutama jika diletakkan di meja kerja. Seperti salah satunya penggunaan mouse atau keyboard dengan kabel yang masih banyak ditemui, termasuk saya yang menggunakan keyboard dengan kabel USB.

Kabel yang berseliweran di meja memang membuat meja terlihat tidak rapi dan terkesan berantakan. Apalagi jika kabel tersebut memiliki ukuran yang sangat panjang, sehingga harus digulung atau ditekuk dan membuat kabel lebih terkesan pendek. Itu yang saya lakukan sebelumnya terhadap kabel usb dari keyboard yang saya miliki, yang membuat tampilan meja kurang cantik šŸ˜› . Akhirnya dengan berbekal kreatifitas dan tutorial di forum dan youtube, saya mencoba menggulung kabel USB tersebut hingga membuat bentuknya seperti kabel telepon.

Bagaimana membuat coiled cable tersebut agar kabel yang kita miliki seperti kabel telepon yang melingkar? Caranya mudah sekali, pastikan kamu memiliki alat-alat dibawah untuk melakukan eksperimen ini ya. Berikut cara membuat coiled kabel agar melingkar seperti kabel telepon.

DIY: Tutorial Membuat Coiled Kabel melingkar seperti Kabel Telepon

Sebelum melakukan diy membuat coiled kabel tersebut, pastikan kamu memiliki alat berikut agar dapat menghasilkan kabel yang sesuai harapan

  • Kabel (USB/lainnya) baik dengan bahan karet ataupun braided cable
  • Pensil, kayu atau lainnya untuk media gulungan kabel (ukuran bisa disesuaikan tergantung keinginan)
  • Hair dryer atau heat gun untuk membentuk lingkaran di kabel
  • Kawat, penjepit, solasi atau lainnya untuk menahan kabel

Pertama, silakan siapkan kabel yang kamu miliki. Saya menggunakan kabel braided mini usb to usb A merek TOPK untuk menghubungkan mechanical keyboard ke laptop saya. Kamu juga dapat menggunakan kabel non braided atau berbahan karet merk apapun untuk membuat coiled kabel tersebut.

 

Kedua,Ā silakan gulung kabel tersebut ke media yang kamu miliki. Bisa menggunakan kayu, pensil, besi atau barang lainnya, tergantung dengan panjang gulungan kabel yang ingin kamu buat. Pada artikel kali ini saya menggunakan pensil faber castle untuk menggulung kabel tersebut. Jangan lupa jepit atau tahan setiap ujungnya, agar gulungan dapat tertahan dan tidak lepas dari media tersebut.

Saya mengguankan kawat sebagai penjepit kabel ke pensil, tujuannya agar kabel tidak bergeser dan posisi gulungan tetap. Kamu juga dapat menggunakan barang lain seperti penjepit kertas atau penjepit lainnya untuk menahan gulungan kabel tersebut.

 

Ketiga,Ā siapkan hair dryer atau heat gun/hot gun untuk memanaskan bagian kabel yang digulung pada media yang kamu miliki tersebut. Panaskan bagian kabel yang tergulung tersebut secara merata dan berulang. Lama pemanasan relatif, tergantung dari panjang kabel dan tingkat suhu panas yang dikeluarkan hair dryer atau heat gun tersebut. Kamu dapat melakukannya selama 5-10 menit untuk memanaskan gulungan kabel tersebut, tujuannya agar kabel lemas dan ketika dingin akan dalam posisi yang tetap sesuai dengan gulungan kabel tersebut.

Lakukan pemanasan gulungan kabel tersebut dengan sabar dan merata, agar hasil yang didapatkan sesuai dengan harapan. Agar gulungan kabel tidak mudah kembali ke keadaan semula.

 

Selesai!Ā Jika proses pemanasan sudah selesai dilakukan, tunggu beberapa saat hingga kabel kembali dingin atau kembali ke suhu normal kembali. Setelah itu silakan lepaskan gulungan kabel dari media yang menjadi lilitan kabel tersebut, jangan lupa lepaskan penjepit atau kawat untuk menahan kabel tersebut. Berikut hasil dari DIY coiled cable braided milik saya, kurang sempurna namun cukup sesuai dengan harapan. Kabelnya agak renggang memang karena kabel yang saya miliki pendek dan jarak antara port USB dan keyboard cukup jauh, sehingga kabel USB sedikit tertarik dan merenggang dibagian gulungan tersebut.

Seperti inilah penampilan ketika digunakan, cukup untuk mempermanis tampilan di setup meja kamu. Selain itu kabel ini juga fleksibel karena masih bisa memanjang ketika ditarik, yakni dengan merenggangkan gulungan pada kabel tersebut. Cocok banget buat bikin betah Work From Home dikala pandemiĀ  saat ini, jadi meja kerja tetap terlihat rapi dan lebih cantik lagi.

Bagaimana, apakah percobaan modifikasi kabel ala kabel telepon kamu berhasil? Apakah hasilnya cukup memuaskan? Silakan share pengalaman kamu pada kolom komentar dibawah. Jangan lupa share artikel ini ke komunitas, padepokan, grup pecinta kabel seluruh Indonesia. Semoga percobaan kamu berhasil ya, good luck!

Have a good day!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *