Mengetahui Xiaomi Garansi Resmi tanpa Stiker TAM

Mukharom.com – Beberapa waktu lalu Xiaomi memutuskan untuk tidak menggunakan stiker TAM lagi pada ponsel Xiaominya, yakni terhitung sejak munculnya ponsel tipe terbarunya Redmi 7A by Xiaomi. Mungkin pihak Xiaomi sudah kehabisan stok stiker TAMnya saat ini sehingga tidak lagi menempelkannya pada dusbox (tapi boong 😀 ). Abaikan kalimat sebelumnya, hal tersebut benar nyatanya bahwa Xiaomi sudah tidak menyertakan stiker TAM pada dusboxnya karena sudah diumumkan secara resmi walau dengan makna tersirat. Saya tidak tahu detailnya mengapa sudah tidak adanya stiker tersebut, apakah karena sudah tidak lagi bekerjasama dengan tam atau ada hal lainnya.

Lalu bagaimana cara membedakan Xiaomi yang beredar antara garansi Resmi dan Non Resmi alias distributor? Terlebih lagi banyak sekali ponsel Xiaomi yang beredar di pasaran dengan berbagai model. Mungkin bagi pembeli yang awam akan kesulitan bahkan dapat tertipu oleh penjual nakal yang bersilat lidah ketika berjualan. Itulah pentingnya edukasi bagi pengguna, terutama melalui tulisan ataupun jenis informasi lainnya.

Daripada kalian tertipu oleh penjual nakal, kamu harus tau dan ingat-ingat ciri Xiaomi bergaransi resmi yang beredar tanpa garansi TAM. Ada beberapa hal yang harus kalian ingat dan mengerti. Berikut Ciri-ciri dan cara membedakan Xiaomi bergaransi resmi tanpa Sticker Tam pada dusbox. Jangan sampai keliru ya!

Cara Mengetahui Xiaomi Garansi Resmi tanpa Stiker TAM
1. Sticker Belakang Dus box

Pada produk ponsel terbaru Xiaomi saat ini sudah diproduksi semua di pabrik yang berada di Indonesia, tepatnya di Batam. Xiaomi Indonesia sudah tidak melakukan import lagi untuk produk ponselnya dan dilakukan perakitan langsung di Indonesia. Maka dari itu mereka memiliki tagline Kami Buatan Indonesia.

Pada dusbox bagian belakang, pastikan tulisan dari detail smartphone tersebut tertulis dengan Bahasa Indonesia. Selain itu produsen yang melakukan produksi smartphone tersebut pastikan adalah PT SAT Nusa Persada Tbk yang berlokasi di Batam. Dan pembuatan smartphone tersebut ditujukan untuk PT Xiaomi Technology Indonesia. Jika 3 hal tersebut sudah benar, kamu boleh yakin ponsel tersebut merupakan produk Resmi dari Xiaomi walau tanpa stiker TAM.

2. Sticker Khusus Garansi dari Xiaomi

Pihak Xiaomi mengumumkan pada kedepannya bukan stiker TAM lagi yang menghiasi dus smartphone mereka, melainkan stiker khusus dari mereka. Pihak Xiaomi mulai pede dan mencantumkan tulisan Garansi Resmi Xiaomi, bukan TAM lagi selaku distributor resmi dari grup Erajaya.

Namun stiker tersebut masih disalurkan dan mulai diterapkan bertahap mulai dari produk ponsel seri Redmi 7A. Dari halaman Mi Community, pihak Xiaomi mengumumkan bahwa stiker garansi resminya kurang lebih seperti pada gambar diatas. Berbentuk persegi panjang dengan logo Mi Bunny di tengah dan tulisan “Garansi Resmi Xiaomi, Kami Buatan Indonesia”.

Saran dari saya kamu harus tetap berhati-hati dan cek point nomor 1 juga saat membeli. Khawatir bertemu dengan penjual nakal yang ternyata memasang stiker palsu tersebut. Karena stiker Tam saja ada yang malsuin, bagaimana dengan ini. Tetap teliti ya 😉

3. Cek isi dalam Dus Box Smartphone

Nah inilah yang paling penting setelah kedua hal tersebut, isi dari dalam box tersebut. Produk bergaransi resmi pasti dibuat di Indonesia dan hadir dengan kepala charger standard Indonesia, jadi kamu tidak perlu membeli konverter ataupun adapter. Kemudian produk resmi juga hadir dengan buku panduan penggunaan berbahasa Indonesia, jika yang kamu dapat berbahasa Mandarin maka kamu perlu curiga.

Yang terakhir yakni pada produk resmi tersedia kartu yang berisi pusat layanan Service Center Resmi dari Xiaomi. Jadi jika kamu memiliki keluhan atau masalah, kamu dapat mencari alamat terdekat melalui kartu informasi tersebut. Saya pun pernah mengklaim garansi Xiaomi karena ponsel saya mengalami masalah, untuk cerita lengkapnya silakan dibaca pada tautan berikut https://mukharom.com/mudahnya-claim-garansi-tam-xiaomi/

 

Masih kurang juga cara mengetahuinya? Berikut tips tambahan agar kamu mendapatkan produk Xiaomi bergaransi resmi tanpa Stiker TAM

  1. Beli di Official Store Xiaomi, baik di Offline (Mi Store) maupun Online (Official Partner)
  2. Beli di Toko terpercaya (Erafone, atau konter langganan)
  3. Cek reputasi, deskripsi dan review positif dari pembeli lain
  4. Pastikan penjual terpercaya dan memiliki rating yang bagus

Bagimana, sudah tau cara memastikan ponsel Xiaomi tersebut bergaransi resmi tanpa stiker TAM kan? Pastikan kamu teliti lagi saat membeli ya, jangan sampai tertipu penjual yang nakal. Apalagi aturan pemblokiran IMEI katanya mau diberlakukan, bisa-bisa hape kamu gabisa digunakan karena produk non-resmi 🙁 . Share ke teman kamu yang belum tau info ini agar tidak ketinggalan informasi.

Have a good day!

Referensi https://c.mi.com/thread-2371898-1-0.html

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *