Mudahnya Claim Garansi TAM Xiaomi

Mukharom.com Hari minggu lalu saya mengunjungi Giant Bekasi atau yang biasa dikenal dengan Mega Bekasi untuk mengunjungi Unicom Care. Sebenarnya ini kali kedua saya mengunjungi Unicom Care, karena pada hari Lahir Pancasila kemarin saya sudah kesana tetapi tutup. Benar saja ternyata pada hari Libur Nasional Unicom Care tidak beroperasi alias tutup.

Di pintunya bertuliskan jadwal operasional mereka, entah itu hanya di periode bulan Ramadhan saja atau di bulan-bulan lain juga berlaku. Berikut jadwal operasional/Jadwal Buka Unicom Care Mega Bekasi;

Senin – Minggu : 11:00 s/d 19:00
Hari Libur Nasional : Tutup

Saat itu saya pulang dengan rasa kecewa, benar saja sudah panas-panasan sambil menahan haus dan emosi di perjalanan tetapi yang didapatkan tidak ada. Akhirnya saya memutuskan untuk kembali kesana di hari libur selanjutnya, yakni hari Minggu. Saat Minggu tiba saya berangkat pukul 11:00 dan mampir ke Summarecon Mal Bekasi (SMB) untuk mengecek stock Redmi Note 5 alias hape ghoib saat itu. Yap, sama seperti hari kemarin saat itu stok nya kosong (benar-benar ghoib 😀 ). Tanpa pikir panjang saya pun langsung tancap gas ke Mega Bekasi untuk mengunjungi Unicom Care.

Unicom Care terletak di LT 1, naik 1 lantai dari lantai dasar. Lokasinya mudah dicari, jika dari pintu utama kamu tinggal belok aja ke kanan (arah solaria) kemudian naik eskalator 1 kali. Posisinya ada di tengah-tengah ruko lain, berdinding kaca transparan dengan interior putih-putih. Disana kalian bisa claim smartphone bergaransi Distributor resmi seperti TAM, adapun beberapa merek yang di support yakni Xiaomi, Nokia, Wiko, Huawei, Microsoft, Lenovo, Motorola, ASUS, SPC Mobile, Honor, Himax. Cukup banyak bukan?

1. Ngantri dan Curhat

Tiba disana saya langsung ambil nomor antrian, saat itu kebetulan sedang sepi. Hanya ada saya dan 2 orang lainnya, tetapi yang melakukan claim garansi hanya saya dan 1 orang itu, rekannya 1 orang lagi hanya mengantar. Saat tiba giliran, saya pun langsung menuju mbak-mbak berkerudung itu untuk menceritakan keluh kesah kehidupan (kehidupan Redmi Note 4 yang saya bawa 😀 ).

“Jadi gini mbak, masalahnya aneh entah di LCD atau apa. Saat hp lagi dipakai layarnya sering mati, blank hitam, tidak bisa lihat apa-apa, tapi suara masih ada. Tapi kalau misalkan dicolok charger kadang bisa nyala dan cukup lama.”

2. Pengecekan dilakukan

Oh iya untuk Claim garansi kamu ga perlu membawa dusbok/box dari HP kamu, namun dengan catatan hp kamu kondisi nyala dan bisa di cek IMEI. Jika kondisinya mati total atau layarnya tidak bisa nyala, kamu wajib membawa dusbok karena mereka butuh imei untuk di cek di database.

Kemudian mbak itu mengecek imei pada database mereka, dan alhamdulillah masih dalam masa garansi hingga akhir Juni (wah mepet banget 😀 ). Langsung lah hp itu diserahkan kepada teknisi di sebelahnya untuk dilakukan pengecekkan. Rasa was-was pun terjadi ketika ia bilang “Wah mas sepertinya pernah kena air ya, karena bagian bawah sensornya sudah berubah warna.” Nahloh, kalo begitu bisa-bisa harus mbayar mahal karena kesalahan pemakai.

Untungnya teknisinya sangat baik, melayani dan mencari solusi. Karena setelah ditelusuri masalahnya bukan di bagian tersebut, maka masih dalam cakupan garansi, Alhamdulillah. Akhirnya diputuskan agar melakukan pengecekan lebih lanjut dan HP dapat ditinggal, info mereka jika perbaikan sudah selesai akan diinfo melalui SMS. Sayapun dibuatkan tanda terima dan menyerahkan data diri berupa Nama, alamat dan Nomor Handphone. Setelah itu bisa kembali ke rumah dan bobo-bobo syantik.

3. Pengambilan kembali hasil perbaikan

Setelah menunggu beberapa jam (iya, ga nyampe sehari loh) kemudian saya mendapat SMS dari pihak Unicome. Pikir saya untuk pekerjaannya bisa ber hari-hari atau bahkan ber minggu-minggu. Ternyata cuma beberapa jam aja, dan saya pun langsung menjadwalkan besok untuk datang kembali ke Unicom Care.

Keesokkannya saya datang kembali ke Unicome Care Mega Bekasi dengan membawa kertas bukti yang diberikan sebelumnya. Tinggal berikan saja kertas tersebut dan hape pun kembali ke pangkuan. Ternyata masalah yang dialami yakni pada mesin utama alian Mainboardnya, untungnya masih dalam cakupan garansi. Alhamdulillah.

 

Rasa lelah terbayarkan dengan kembalinya handphone ke tangan dengan keadaan baik. Sebenarnya ini bukan hp saya, melainkan milik pak Boss :-D. Dan untungnya lagi saya kepikiran bawa hp ini ke Unicom Care, kalo ke tukang service bisa habis jutaan mungkin 😀

Sekian saya cerita panjang lebar dari saya, share ke temen kamu yang hapenya ada problem. Ssttt harus garansi resmi ya!

You may also like...

2 Responses

  1. HENI TRISNA says:

    Saya pernah mengalami hal yang sama. Saya pernah membeli hp di online shop. Setelah sampai saya langsung mengecashnya selama 3 jam sesuai dengan buku petunjuknya. Setelah saya pakai hp nya tiba- tiba mati, setelah dibongkar batrainya hpnya bisa hidup laginl dan saya pakai lagi sampai batrainya tinggal 10%. Setelah itu saya cash lagi dan ternyata natrainya tidak bisa masuk. Dengan hati kecewa saya komplain penjualnya..eh ternyata sia cuma bilang batreinya sudah rusak dan yang lebih parah lagi garansinya tidak resmi..itu adalah kecerobohan saya karena tidak hati- hati membeli dan memilih barang.

    • Hi Mba Heni,
      Terima kasih atas share pengalamannya mba, sangat menarik. Itulah pentingnya garansi resmi & terpercaya, karena banyak sekali yang mengabaikan garansi karena sudah percaya diri dengan garansi yang tidak terpercaya. Saya sendiri pernah mengalaminya dan cukup kapok karena bingung mau claim garansi ke mana 😀 . Dan pada akhirnya harus mengikhlaskan atau mengeluarkan biaya lagi untuk perbaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *