Mengatasi Aplikasi “is damaged and can’t be opened” di Mac

Mukharom.com – Kerap kali kita mengunduh aplikasi dari situs lain dan menginstallnya ke notebook atau PC kita, sebagai contoh kita mendownload sebuah aplikasi dari Google Drive dan menginstallnya. Mungkin jika instalasi tersebut dilakukan di Windows tidak akan menjadi masalah dan instalasi berjalan dengan lancar. Namun lain halnya dengan di Mac OS ini, karena menerapkan security yang handal maka Mac OS sangat “galak” soal hal tersebut.

Beberapa waktu lalu saya menginstall CleanMyMac yang saya download dari situs lain, proses instalasinya berjalan lancar. Namun setelah selesai aplikasi tersebut tidak dapat dibuka dan muncul peringatan berikut.

Jangan khawatir, hal tersebut masih bisa diatasi dengan cara berikut loh. Berikut Cara Mengatasi Aplikasi “is damaged and can’t be opened” di Mac OSX Sierra / High Sierra.

 

Mengatasi Aplikasi “is damaged and can’t be opened” di Mac OS

Pertama buka aplikasi terminal pada Mac OS kamu, ketikkan saja Terminal di launchpad atau pada Spotlight Search

 

Jika aplikasi sudah terbuka, masuk sebagai user root dengan mengetikkan perintah sudo bash pada terminal. Selanjutnya kamu akan diminta memasukkan password Mac kamu.

Fajars-MacBook-Air:~ fajarmukharom$ sudo bash
Password: **************************

 

Jika sudah masuk sebagai user root ketikkan perintah xattr -cr /Applications/Nama-App.app . Sebagai contoh disini saya ingin allow applikasi CleanMyMac 3 agar dapat terbuka dan tidak di detect sebagai damage app. Jika kesulitan mencar nama App nya, klik Tab pada keyboard untuk mencari atau menyelesaikan ketikkan app yang ingin di Allow.

bash-3.2# xattr -cr /Applications/CleanMyMac\ 3.app/

 

Jika sudah silakan coba buka kembali Aplikasi tersebut, seharusnya sudah dapat dibuka dengan normal kembali. Taraaa, akhirnya 😀

 

Merasa artikel ini bermanfaat? Silakan share ke teman kalian agar tidak kudet soal informasi ini.  Thanks to Ninjamac.com

Have a good day!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *