Cara Setting Lampu Bardi Smart Light Bulb

Mukharom.comSudah lebih dari 1 bulan lamanya saya menggunakan Smart Lamp dari Bardi yakni Bardi Smart Light Bulb. Bohlam pintar yang satu ini memiliki varian 9 dan 10 Watt pada penjualannya. Jika kalian belum mengetahui perbedaannya, kamu dapat cek tulisan saya sebelumnya : Perbedaan Bardi Smart Light Bulb 9W dan 10W. Saya memilih varian bohlam 10 Watt agar mendapat tingkat kecerahan yang lebih tinggi untuk penerangan di kamar saya. Tentunya dengan pertimbahangan kecerahan yang bisa diatur, maka jika memang terlalu terang masih dapat saya turunkan kecerahannya.

Agar penggunaan smart lamp atau bohlam pintar dapat digunakan dengan baik, tentunya harus didukung dengan koneksi internet di rumah. Ya lampu ini membutuhkan konektifitas WiFi agar dapat kita atur atau remote melalui aplikasi, jadi sebelum membeli lampu ini pastikan kamu memiliki koneksi internet (WiFi) di rumah ya. Saya termasuk orang yang malas menyentuh saklar untuk mematikan lampu, maka dari itu saya memilih penggunaan Smart Light agar semua bisa dikontrol melalui Smartphone.

Melakukan konfigurasi Bardi Smart Bulb ini tidaklah sulit, anda cukup mendownload aplikasi dan melakukan beberapa tahapan. Seperti smart light pada umumnya, Bardi ini memiliki aplikasi khusus untuk mengatur lampunya. Tampilan aplikasinya cukup bagus dan mudah digunakan, saya pun tidak kesulitan untuk menggunakannya. Lalu bagaimana cara melakukan konfigurasi Lampu Pintar Bardi Smart Light tersebut? Berikut tutorial cara konfigurasi Lampu Bardi Smart Light Bulb di smartphone kalian.

Tutorial Konfigurasi Lampu Pintar Bardi Smart Light Bulb

Sebelum melakukan konfigurasi Bardi Smart Light tersebut, pastikan kamu memenuhi prasyarat berikut. Karena jika terdapat salah satu yang kurang, maka proses setting atau konfigurasi tidak dapat dilakukan.

Prasyarat :

  • Memiliki lampu Bardi Smart Light Bulb 9 atau 10 watt
  • Memiliki smartphone untuk konfigurasi
  • Memiliki alamat email aktif
  • Memiliki koneksi internet (WiFi) di tempat tinggal

Setelah memenuhi prasyarat tersebut, silakan download dan install aplikasi Smart Life pada Google Play Store atau Apple App Store. Kemudian silakan buka dan lakukan Register di aplikasi tersebut. Proses registernya pun sangat mudah, kita hanya diperintahkan untuk memasukkan nama, alamat emai dan juga mengatur password saja. Jika sudah silakan lanjut ke tahap berikutnya, maka akan tampil ke menu utama dari aplikasi smart life tersebut.

Kemudian pada Home aplikasi tersebut silakan pilih Add Device untuk menambah perangkat baru pada aplikasi tersebut. Jika sudah kamu bisa pilih menu Lighting dan pilih perangkat Lighting (Wi-Fi). Pastikan kamu memilih perangkat yang tepat agar lampu kamu dapat terdeteksi pada aplikasi tersebut.

Jika sudah, silakan pasang lampu Bardi Smart Light tersebut ke fitting lampu yang dimiliki. Kemudian nyalakan saklar tersebut dan pastikan pada posisi On. Setelah itu secara default lampu akan menyala dan berkedip terus menerus, tandanya lampu tersebut belum disetting atau dilakukan konfigurasi.

Pada aplikasi setelah kamu menambahkan device Light (WiFi), maka akan otomatis melakukan pencarian lampu di sekitar yang tersedia. Tunggu hingga proses pencarian tersebut selesai dan proses konfigurasi dapat dilanjutkan.

 

Kemudian aplikasi tersebut akan meminta kita untuk menghubungkan lampu dengan sumber WiFi yang tersedia. Pastikan koneksi WiFi tersebut memiliki konektifitas internet, agar proses konfigurasi dan remote nantinya dapat berjalan. SIlakan pilih koneksi WiFi mana yang akan disambungkan, selanjutnya isikan password dari WiFi tersebut. Apabila sudah silakan pilih Confirm, dan kaplikasi secara otomatis akan menghubungkan Lampu tersebut dengan WiFi yang ada. Saat proses menghubungkan tersebut, pastikan lokasi lampu, sumber wifi dan juga smartphone saling berdekatan (tidak terlalu jauh).

Apabila proses sudah selesai, maka akan tampil pesan Added successfully yang berarti perangkat sudah berhasil dikonfigurasi dan ditambahkan ke aplikasi tersebut. Kamu juga dapat mengubah nama dari lampu tersebut, agar jika kamu memiliki lebih dari 1 perangkat maka tidak tertukar. Silakan klik icon Edit dan ubah nama sesuai dengan yang diinginkan, jika sudah pilih Done untuk menyimpannya.

 

Proses konfigurasi sudah selesai, sekarang kamu dapat dengan mudah mengatur lampu Bardi kamu hanya dalam genggaman. Pada aplikasi tersebut kamu bisa menyalakan dan mematikan lampu, bahkan mengatur warna dan tingkat kecerahan. Jadi kamu tidak perlu repot-repot menekan saklar untuk mematikan lampu,  hidup menjadi lebih mudah bukan? 😀

 

Bagaimana konfigurasi yang dilakukan, mudah bukan? Sampai saat ini, saya belum pernah menekan saklar lampu lagi di kamar karena dimudahkan lewat aplikasi. Bahkan saya tinggal menyuruh Google Assistant untuk mengatur lampunya, mengingat lampu ini sudah support smart assistant. Untuk panduan tersebut akan saya tuliskan pada artikel selanjutnya.

Apakah kamu berhasil melakukan konfigurasi tersebut, atau menemukan kesulitan? Atau bahkan kamu belum memiliki Bardi Smart Light Bulb ya? 😀 Jika kamu belum punya, buruan beli sebelum kehabisan. Silakan share juga di kolom komentar mengenai penggunaan Lampu dari Bardi ini.

Have a good day!

You may also like...

2 Responses

  1. April 19, 2020

    […] Mukharom.com – Memiliki lampu pintar dapat memudahkan aktifitas kita, karena kita dapat mengaturnya dengan mudah dari mana saja. Saya memilih lampu pintar dari Bardi untuk menerangi ruangan di rumah. Konfigurasinya pun cukup mudah, hanya melalui smartphone saja dan lampu sudah bisa di remote dengan mudah. Jika kamu bingung, silakan dapat melihat artikel saya sebelumnya: Cara Setting Lampu Bardi Smart Light Bulb. […]

  2. April 30, 2020

    […] Mengkonfigurasi lampu Bardi, baca: Cara Setting Lampu Bardi Smart Light Bulb […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *