Cara Membuat Direct Link Url Chat ke Whatsapp

Mukharom.com – Whatsapp adalah salah satu aplikasi Chatting terpopuler saat ini. Selain berfungsi sebagai aplikasi chatting, whatsapp juga menyediakan fitur lain mulai dari voice call, video call, status update, dan masih banyak lagi. Kita dapat terhubung dengan sanak saudara, keluarga, teman, dan lainnya tanpa harus memikirkan pulsa habis karena Whatsapp menggunakan koneksi internet. Whatsapp banyak digunakan di berbagai kalangan, mulai dari orang biasa seperti saya ini hingga para bisnis-man online shop.

Jika anda seorang yang memiliki toko online ataupun toko offline yang memasang iklan di Internet, anda pasti harus memajang nomor anda di situs penjualan anda. Dan yang dirasakan klien atau buyer adalah mereppotkan karena harus menyimpan nomor anda terlebih dahulu. Tapi ternyata ada cara membuat url langsung ke chat whatsapp loh! Ternyata api whatsapp yang baru-baru kini sudah support direct ke chat whatsapp langsung. Berikut Tutorial Cara Membuat Url Direct Link ke Chat atau Pesan Whatsapp kamu.

 

Membuat Link Url Direct Chat ke Whatsapp

Membuat direct Link ke chat whatsapp sangatlah penting dan memudahkan orang lain dalam menghubungi kita via whatsapp. Mereka tidak perlu menyimpan terlebih dahulu kontak kita untuk chatting. Lalu caranya bagaimana sih? Whatsapp telah membuat API terbaru mereka yang dapat terintegrasi langung baik dengan aplikasi (Android, IOS) maupun desktop (Whatsapp web).

Link Direct Chat ke Whatsapp

https://api.whatsapp.com/send?phone=NomorHP&text=Isi%20pesan

Link nya cukup simple dan mudah dimengerti, berikut penjelasan singkatnya

  1. NomorHP : Diisi dengan nomor hp anda, angka 0 di depan diubah menjadi 62 (Indonesia)
  2. Isi%20pesan : Diisi dengan pesan yang ingin anda sampaikan saat chat
  3. %20 : Merupakan spasi

 

Contoh Link Url Direct Chat Whatsapp

Sebagai contoh kartu Tri sedang mengadakan Event memberikan kartu 4G secara gratis, untuk mendapatkannya perlu menghubungi Customer Service melalui Whatsapp. Bagi anda yang malas pasti tidak ingin menyimpan nomor CS tersebut, anda menginginkan instan saja, langsung klik. Saya akan membuat contoh link untuk Direct Chat ke Whatsapp.

No Tlp : +628999800123​⁠
Pesan : Halo CS Tri, saya ingin upgrade kartu saya ke 4g

Maka link yang harus dibuat adalah sebagai berikut (silakan klik untuk mencobanya)

https://api.whatsapp.com/send?phone=628999800123&text=Halo%20CS%20Tri,%20saya%20ingin%20upgrade%20kartu%20saya%20ke%204g

Bagaimana? Apakah berhasil? Berikut screenshot hasil klik dari saya dan berhasil!

 

Memperpendek Link Url Direct Chat Whatsapp

Jika kamu merasa link tersebut terlalu panjang dan mengganggu tampilan blog, website, atau toko online kamu, ada kok cara untuk mempersingkatnya. Anda dapat gunakan shortlink converter seperti bit.ly , s.id , shorte.st, dan masih banyak lagi. Contohnya kali ini saya akan mencoba convert link yang sudah saya buat diatas menggunakan shorte.st, silakan coba klik link dibawah

http://gestyy.com/qBbQeo

Bagaimana apakah berhasil juga? Mudah bukan? Link pun menjadi lebih singkat dan nyaman dilihat. Klien atau customer pun tidak pusing melihat link yang amat panjang.

 

Silakan coba dan praktikan sendiri ya, jika berhasil silakan share pengalaman kamu di kolom komentar. Share ke temen-teman kalian biar tau juga cara ini.

Have a good day

You may also like...

9 Responses

  1. Mandore Id says:

    tutorial Cara Membuat Direct Link Url Chat ke Whatsapp ini sederhana dan berhasil saya praktekkan
    kalo mau mengganti link dengan logo whatsapp gimana gan caranya

    terima kasih

    • Hi mas,
      Untuk hal tersebut bisa dilakukan dengan insert image berupa logo Whatsapp, kemudian di logo tersebut diberikan hyperlink atau link nya diarahkan ke link Whatsapp yang sudah dibuat tadi.

  2. Yanto says:

    saya mau kirim image via API tersebut,tapi bukan berbentuk hyperlink ke website lain..tapi mau langsung masuk ke whattsap lawan bicara kita. apakahtau caranya pak?

  3. angga says:

    link bisa di perpendek di http://oke.la

  4. Nurul says:

    Salam kenal gan.
    saya sudah coba caranya dan berhasil makasih, tapi saat ada di pesan whatsapp bukan spasi yang ada malah tanda (+) plus jadi “Halo+CS+Tri, saya+ ingin +upgrade+ kartu+ saya+ ke+ 4g” itu kenapa ya? mhon pencerahannya. terima kasih

    • Salam kenal mba Nurul,
      Bisa dibantu share contoh link yang dibuat mba? Pastikan setiap spasi di link diubah menjadi symbol % ya mba. Karena saya sudah coba itu dan normal 😉

  1. August 30, 2017

    […] adalah nomor +628999800123 . Untuk dapat menghubunginya langsung via Whatsapp, saya sudah membuat Direct Link Chat ke Whatsapp untuk melakukan Chatting Whatsapp dengan nomor tersebut, silakan klik saja link berikut […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *