Cara Mudah Install Flexible SSL Cloudflare di WordPress

Mukharom.com SSL Certificate merupakan hal yang cukup penting saat ini untuk menandakan web atau blog yang dimiliki memiliki enkripsi serta keamanan yang terpercaya atau tidak. Selain itu SSL Certificate juga mempercantik web kamu karena terdapat gembok hijau pada address bar yang pengunjung akses. Ada banyak sekali provider SSL Certificate saat ini mulai dari yang gratis seperti Cloudflare, Let’s Encrypt hingga yang berbayar seperti Comodo, Symantech, Digicert, dan masih banyak lagi.

Bagi website atau blog dengan budget yang minim sebenarnya cukup dengan SSL Certificate gratisan saja (maklum kere ūüėÄ ). Namun sebagian SSL Certificate memiliki instalasi yang cukup rumit karena harus konfigurasi langsung pada server yang cukup rumit. Berbeda dengan Flexibel SSL Certificate dari Cloudflare, konfigurasinya sangat simple karena hanya berhubungan dengan WordPress kamu saja tanpa otak-atik server yang berjalan. Bagaimana Cara Install Flexible SSL Certificate Cloudflare pada Web atau Blog berbasis WordPress? Silakan simak tutorial berikut :

Cara Install Flexible SSL Certificate Cloudflare di WordPress

1.  Tambahkan Domain kamu di panel Cloudflare

Silakan Login ke www.cloudflare.com untuk mengakses panelnya, jika belum memiliki akun cloudflare kamu dapat buat akun terlebih dahulu dengan memilih Sign Up. Jika sudah silakan tambahkan domain dari web atau blog kamu yang ingin diinstallkan SSL dengan memilih Add Site.

Isi nama Domain dari web atau blog milik kamu, setelah itu pilih Add Site untuk menambahkan. Kemudian pada step selanjutnya pilih Free Plan saja karena pada plan tersebut Fitur Free Flexible SSL Certificate sudah kita dapatkan, jika sudah pilih Confirm Plan.

2. Arahkan Nameserver Domain kamu ke Cloudflare

Pada panel domain yang kamu dapatkan, silakan ubah nameserver domain web atau blog kamu ke Nameserver milik Cloudflare, adapun untuk Nameservernya yakni sebagai berikut :

chris.ns.cloudflare.com
elinore.ns.cloudflare.com

Jika sudah jangan lupa di Save dan Update konfigurasinya.

 

3. Install Plugin SSL di WordPress

Karena Flexible SSL dari Cloudflare tidak memerlukan konfigurasi pada server ataupun cPanel milik kita, maka untuk mengaktifkannya memerlukan 2 plugin tambahan, yakni

CloudFlare Flexible SSL

Plugin ini merupakan plugin yang disediakan khusus untuk pengguna WordPress yang menggunakan Flexible SSL dari CloudFlare. Silakan install plugin tersebut dan aktifkan pada WordPress kamu. Plugin tersebut tidak memerlukan konfigurasi tambahan agar SSL dapat aktif

WordPress HTTPS (SSL)

Plugin lain yang harus kamu install sebagai pendukung yakni plugin WordPress HTTPS. Silakan install dan aktifkan plugin ini pada WordPress kamu. Khusus untuk plugin ini membutuhkan konfigurasi tambahan dengan mengubah konfigurasi Proxy menjadi Yes seperti pada gambar berikut. Jika sudah jangan lupa untuk Save perubahan tersebut.

4. Aktifkan Flexible SSL dan Buat Rule di Cloudflare

Jika step sebelumnya sudah dilewati, sekarang waktunya kamu mengaktifkan Flexible SSL di panel Cloudflare kamu. Silakan pilih menu Crypto kemudian pada bagian SSL ubah menjadi Flexible untuk mengaktifkan fitur Flexible SSL di WordPress kamu.

Kemudian ke menu Page Rules¬†untuk membuat aturan pada web atau blog kamu agar para pengunjung diarahkan (redirect) ke halaman yang secure https atau menggunakan SSL. Silakan membuat rule seperti pada contoh di bawah ini (untuk domain di sesuaikan dengan domain kalian ya ūüėČ ). Jika sudah jangan lupa pilih¬†Save and Deploy.

5. Ubah Site Address pada WordPress kamu

Step terakhir yang harus kamu lakukan yakni mengubah Site Address (URL) pada setting-an WordPress kamu dengan menggunakan HTTPS. Untuk mengubah konfigurasi tersebut yakni pada menu Settings РGeneral. Fungsinya yakni agar halaman yang https yang pengunjung kamu akses yakni mengarah ke wordpress sesuai dengan konfigurasi kamu. Jika sudah jangan lupa Save dan Update ya.

6. Cek SSL WordPress kamu!

Jika semua step sudah dilakukan dengan benar, sekarang waktunya kamu cek dan akses ke WordPress milik kamu. Tara!!! SSL Certificate atau Flexible SSL dari Cloudflare sudah berhasil terinstall. Gratis dan mudah bukan?

 

Cukup sampai disini tutorial untuk Install Flexible SSL Certificate Cloudflare pada WordPress Gratis dan Mudah. Silakan share ke teman kamu yang web atau blognya menggunakan WordPress dan belum ada SSL Certificatenya.

Have a nice day!

You may also like...

1 Response

  1. Maryadi Aris Munandar says:

    Makasih gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *