Download Cisco Packet Tracer untuk Mac OS

Mukharom.com Saya sudah menggunakan Cisco Packet Tracer untuk melakukan simulasi jaringan komputer dengan perangkat cisco di komputer saya sejak duduk di bangku SMK dan bertemu lagi saat di bangku perkuliahan. Untungnya saya punya modal yakni SMK jurusan Teknik Komputer Jaringan, jadi saya tidak terlalu ‘buta’ dengan aplikasi tersebut. Namun ada hal yang mengganjal dan memberatkan saya menggunakan aplikasi tersebut, yakni karena OS yang saya gunakan saat ini bukan Windows lagi. Akibatnya aplikasi tersebut tidak dapat berjalan langsung di laptop saya, karena saya tidak menemukan installer yang sesuai.

Saya adalah pengguna MacBook dengan sistem operasi bawaannya yakni Machintosh OS (Mac OS) atau OSX, saya cukup betah dan nyaman menggunakan OS tersebut hingga saat ini. Karena aplikasi Cisco Packet Tracer yang saya temui hanya dapat berjalan pada Windows, maka dengan terpaksa saya harus menginstall Virtual Machine menggunakan Vmware Fusion untuk menjalankan Sistem Operasi Windows 7 dan aplikasi tersebut. VM tersebut memang sudah ada sejak semester awal perkuliahan, untuk menunjang tugas yang diberikan.

Namun beberapa waktu lalu rekan saya pengguna Macbook juga mendapatkan installer Cisco Packet Tracer untuk Mac OS yang dapat berjalan cukup baik dengan tampilan dan fitur yang sama. Saya pun dengan exited meminta installer tersebut untuk mencobanya di laptop saya, file nya berformat dmg yang dapat secara langsung di mounting dan install pada Mac OS. Benar saja, aplikasi tersebut dapat berjalan dengan normal.

Lalu bagaimana cara melakukan install Cisco Packet Tracer di Mac OS? Caranya mudah sekali, anda dapat mengikuti pandian berikut. Berikut Tutorial Install Cisco Packet Tracer tanpa Windows di Macbook/Mac OS.

Tutorial Instalasi Cisco Packet Tracer tanpa Windows di Macbook/Mac OS

Sebelum melakukan instalasi Cisco packet tracer tersebut, silakan download installer tersebut yang berformat DMG pada link berikut

Download via Google Drive 

Kemudian setelah melakukan download, silakan buka file tersebut dengan double klik pada file dmg. Maka akan muncul jendela instalasi, silakan melakukan next saja untuk instalasi mengikuti wizard yang ada. Untuk instalasinya saya tidak berikan panduan & tahapannya ya, karena cukup mudah dan hanya next-next saja :-D. Oh iya pastikan anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup, kurang lebih minimal 1 GB untuk instalasi ini.

Aplikasi Cisco Packet Tracer Mac OS

Jika anda sudah melakukan instalasi untuk aplikasi tersebut, silakan langsung jalankan aplikasi tersebut. Berikut ini beberapa screenshot tampilan Cisco Packet Tracer pada Mac OS

 

Jika pada menu awal diminta untuk login ke akun Cisco Networking Academy (netacad.com) jangan khawatir. Jika anda tidak memiliki akun netacad tersebut, anda bisa pilih menu Guest Login pada pojok kanan bawah, kemudian pilih Confirm Guest setelah 15 detik. Namun jika kamu punya akun netacad tersebut, silakan login sesuai dengan akun yang anda miliki.

 

Taraa! Seperti inilah tampilan Cisco Packet Tracer pada Mac OS, tampilan dan menunya sangat mirip dengan versi Windows bukan? Saya pun dapat menghapus VM Windows saya dan dapat mengurangi space pada storage di Mac saya karena adanya Cisco Packet Tracer untuk Macintosh ini.

 

Untuk mendapatkan Cisco Packet Tracer ini sebenarnya bisa di download di netacad.com, namun kamu perlu mengikuti beberapa course terlebih dahulu agar dapat mendownloadnya.

Bagaimana, apakah kamu dapat melakukan instalasi dan praktek dengan lancar? Silakan tinggalkan pada kolom komentar jika ada kesulitan. Jangan sungkan untuk share postingan ini ke teman kamu pengguna Mac yang memiliki kebutuhan yang sama.

Have a good day!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *